Connect With Us

NASA Buka Lowongan Kerja Misi Simulasi ke Mars, Tertarik Daftar?

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 9 Maret 2024 | 21:28

Ilustrasi Planet Mars (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- National Aeronautics and Space Administration (NASA) membuka lowongan untuk misi simulasi permukaan Mars selama setahun.

Dalam lama resminya, NASA mengungkapkan misi simulasi ini bertujuan untuk membantu merancang rencana eksplorasi manusia ke Mars.

"Misi kedua dari tiga misi berbasis darat yang telah direncanakan, CHAPEA (Crew Health and Performance Exploration Analog), dijadwalkan untuk dimulai pada musim semi 2025," ujar NASA dikutip Sabtu, 9 Maret 2024.

Dijelaskan NASA, MSI CHAPEA tersebut melibatkan empat suka relawan yang akan tinggal dan bekerja di dalam habitat seukuran 1.700 kaki persegi yang dicetak 3D. 

"Lokasinya terletak di Pusat Antariksa Johnson NASA di Houston, yang dilengkapi dengan habitat simulasi bernama Mars Dune Alpha," tambah NASA.

Habitat itu disimulasikan sebagai tantangan misi di Mars, meliputi keterbatasan sumber daya, kegagalan peralatan, keterlambatan komunikasi, dan faktor stres lingkungan lainnya.

Adapun tugas para kru antara lain melakukan simulasi spacewalk, operasi robotik, pemeliharaan habitat, olahraga, dan pertumbuhan tanaman. 

Bagi yang berminat, NASA menetapkan sejumlah persyaratan, yakni warga negara atau penduduk tetap AS yang sehat, termotivasi, bukan perokok, berusia 30-55 tahun, dan mahir berbahasa Inggris untuk memastikan komunikasi efektif antara rekan kru dan pusat misi.

Calon kru akan dipilih berdasarkan kriteria standar tambahan NASA untuk calon astronot. Gelar master di bidang STEM seperti teknik, matematika, atau ilmu biologi, fisika, atau komputer diperlukan, bersama dengan setidaknya dua tahun pengalaman profesional di bidang tersebut atau seribu jam mengemudikan pesawat.

Tak hanya itu, calon peserta dengan dua tahun program doktor di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika, yang telah menyelesaikan gelar juga akan menjadi pertimbangan.

Lebih lanjut, pelamar dengan empat tahun pengalaman profesional, termasuk yang telah menyelesaikan pelatihan perwira militer atau memiliki gelar sarjana di bidang STEM, juga dapat dipertimbangkan.

"Bagi mereka yang dipilih untuk berpartisipasi dalam misi ini, akan ada kompensasi," tutup NASA.

Untuk diketahui, batas waktu pendaftaran pelamar misi simulasi Mars pada Selasa, 2 April. Informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran dapat diakses melalui https://chapea.nasa.gov/

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill