Connect With Us

Alasan Mengapa Politikus Berselingkuh?

| Sabtu, 30 Januari 2010 | 21:54

Bill Clinton (realscoop / realscoop)


 
TANGERANGNEWS-Skandal perselingkuhan bisa menjadi kartu mati bagi seorang politikus. Lihat saja apa yang terjadi dengan Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Tetapi, mengapa tetap saja banyak politikus AS yang berani bermain-main dengan api?
 
Gubernur South Carolina Mark Sanford, Senator Nevada John Ensign, Senator Louisiana David Vitter, Mantan Ketua DPR Newt Gingrich, mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat John Edwards dan Gary Hart, Mantan Gubernur New York Eliot Spitzer, Mantan Walikota New York Rudy Giuliani, Gubernur New York saat ini David Paterson adalah beberapa politikus AS yang tersandung skandal seks.
 
Stanley Renshon, psikolog politik di City University of New York, mengemukakan salah satu alasannya. "Narsisisme adalah risiko pekerjaan bagi pemimpin-pemimpin politik. Anda harus mempunyai ambisi dan ego yang sangat besar untuk mengejar jabatan," kata Renshon.
 
Fred Greenstein, profesor emeritus ilmu politik di Universitas Princeton, menyebut faktor adrenalin. "Untuk beberapa orang, keasyikan melakukan aktivitas seksual terlarang bisa memberi kepuasan yang sama seperti halnya berpolitik," terang Greenstein.
 
Banyaknya perselingkuhan yang melibatkan para politikus AS ini juga dapat dijadikan petunjuk mengenai jenis orang yang tertarik terjun ke politik. Biasanya mereka sangat mencintai diri sendiri, gila pengakuan dan bernafsu mendapat dukungan.
 
Mereka juga suka pujian dan sering dikelilingi para penjilat. Mereka berpikir peraturan tidak berlaku bagi mereka dan merasa tidak akan tersentuh hukum. Sebagai pemimpin, mereka juga suka melanggar janji dan bermanipulasi. Mereka mungkin pengambil risiko dan cenderung mementingkan diri sendiri.
 
Alasan sederhana seperti merasa yakin tidak akan ketahuan juga termasuk salah satunya. Alasan-alasan para politikus ini berselingkuh mungkin tidak berbeda dengan yang dipakai mereka yang bukan politikus. Pun tidak berarti mereka lebih sering berselingkuh ketimbang orang-orang biasa. Cuma bedanya adalah konsekuensi yang harus ditanggung. "Mereka layaknya hidup di dalam akuarium, dan ini memiliki tanggung jawab dan akibat," ujar Renshon. Ia menambahkan politikus yang menjalin hubungan rahasia tidak hanya mengkhianati kepercayaan keluarganya, tetapi juga publik. (ap)

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Harta Kekayaan Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel 2024, Pilar Paling Tinggi

Harta Kekayaan Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel 2024, Pilar Paling Tinggi

Senin, 6 Mei 2024 | 15:41

Berapa harta kekayaan yang dimiliki masing-masing bacalon untuk maju dalam Pilkada Tangsel 2024?

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill