Connect With Us

Simak Agar Lolos Seleksi, Ini Kisi-kisi TKD AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN

Fahrul Dwi Putra | Senin, 12 Juni 2023 | 13:15

Ilustrasi BUMN. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Peserta yang berhasil melewati seleksi administrasi tahap pertama akan diuji materi TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Core Values AKHLAK dalam rekrutmen BUMN 2023. Kisi-kisi soal rekrutmen mencakup TKD dan core values AKHLAK.

TKD (Tes Kemampuan Dasar) merupakan indikator utama dalam proses rekrutmen pegawai BUMN. Terdapat tiga kategori soal dalam TKD, yaitu TKW (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Sementara itu, Core Values adalah serangkaian tes yang akan menentukan kelulusan peserta rekrutmen, di mana peserta harus sejalan dengan nilai-nilai AKHLAK.

AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang menjadi dasar bagi sumber daya manusia BUMN.

Kisi-kisi untuk Tes Kemampuan Dasar dalam Rekrutmen BUMN 2023 adalah sebagai berikut seperti dikutip dari CNN Indonesia pada Senin, 12 Juni 2023.

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) merupakan tes yang mengukur pemahaman pelamar terhadap nilai-nilai kebangsaan Indonesia seperti Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta pengetahuan tentang negara Kesatuan Republik Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran Indonesia di tingkat regional dan global, dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) digunakan untuk mengukur kompetensi pelamar dalam bidang verbal, logika, numerik, dan analisis. Tes ini mencakup kemampuan verbal dalam menyampaikan informasi secara lisan dan tertulis, kemampuan numerik dalam melakukan perhitungan dan memahami hubungan angka, kemampuan berpikir logis dan sistematis, serta kemampuan berpikir analitis dalam memecahkan masalah.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengevaluasi kemampuan peserta dalam hal-hal seperti integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan menyelesaikan tugas, kemauan dan kemampuan belajar secara berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinasi orang lain.

Kisi-kisi Core Values AKHLAK Rekrutmen BUMN 2023 didasarkan pada Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang nilai-nilai inti yang harus dimiliki oleh setiap Sumber Daya Manusia BUMN. Berikut ini adalah kisi-kisi soal rekrutmen BUMN 2023 mengenai core values AKHLAK.

  1. Amanah, mengacu pada memegang teguh kepercayaan yang diberikan, termasuk memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas dan keputusan, serta berpegang teguh pada nilai moral dan etika.
  2. Kompeten, mengacu pada terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, termasuk meningkatkan kompetensi diri, membantu orang lain dalam belajar, dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.
  3. Harmonis, mengacu pada saling peduli dan menghargai perbedaan, termasuk menghargai setiap orang tanpa memandang latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.
  4. Loyal, mengacu pada berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, termasuk menjaga nama baik, rela berkorban untuk tujuan yang lebih besar, dan patuh kepada pemimpinan selama tidak bertentangan dengan hukum dan etika.
  5. Adaptif, mengacu pada terus berinovasi dan antusias dalam menghadapi perubahan, termasuk cepat beradaptasi untuk menjadi lebih baik, terus melakukan perbaikan dengan mengikuti perkembangan teknologi, dan bertindak proaktif.
  6. Kolaboratif, mengacu pada membangun kerja sama yang sinergis, termasuk memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menciptakan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan sumber daya yang beragam untuk tujuan bersama.

Demikianlah kisi-kisi TKD dan AKHLAK dalam Rekrutmen Bersama BUMN. Semoga sukses!

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill