Connect With Us

6 Tips Cegah Badan Tumbang Usai Liburan Panjang

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 11 Februari 2024 | 14:28

Ilustrasi menikmati liburan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Momen Isra Miraj, Tahun Baru Imlek 2024 dan akhir pekan ini membuat banyak orang memilih untuk berlibur. Di tengah antusiasme menjalani liburan panjang, Anda tetap perlu menjaga kesehatan tubuh.   

Sebab, musim hujan masih melanda beberapa wilayah di Tanah Air hingga bulan April mendatang. Oleh karena itu, cuaca dingin kerap kali meningkatkan risiko terkena penyakit menular, seperti infeksi saluran pernapasan atau flu dan berbagai penyakit lainnya. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dari Sistem Informasi Kesehatan (SIK), diagnosa Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD DKI Jakarta periode sejak 1 Januari 2024 sampai 8 Februari 2024, menunjukkan berbagai penyakit.

Di antaranya seperti demam, dispepsia atau sindrom gejala penyebab gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan atas akut, nyeri perut atau abdominal pain dan diare, menjadi lima penyakit dengan jumlah kasus tertinggi.

Agar momen liburan tidak rusak karena mengalami gangguan kesehatan, maka penting untuk Anda tetap menjalani hidup sehat.

Untuk itu, Roojai, insurtech terpercaya di Indonesia yang berizin resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips menjaga kesehatan tubuh saat liburan panjang, sebagai berikut:

 

  1.   Memeriksakan Kesehatan Tubuh

Sebelum menjalani libur panjang, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan tubuh. Jika telah terdeteksi penyakit tertentu, maka harus lebih berhati-hati saat liburan panjang.

Misalnya, jika Anda memiliki penyakit hipertensi, maka rajin mengukur tekanan darah. Jika Anda memang telah didiagnosa sakit diabetes, maka harus rajin untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh, karena tidak jarang ketika berlibur pola makan jadi lebih tidak teratur. 

Tak hanya itu saja, pastikan untuk mengonsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter dan kenali gejala awal, agar bisa mencegah terjadinya perburukan kondisi. 

 

  2.   Jaga Stamina Tubuh dengan Cukup Beristirahat 

Saat sedang liburan, seringkali kita lupa menjaga kesehatan tubuh dengan kurang istirahat. Jika kebutuhan istirahat sering diabaikan, maka stamina tubuh dapat lemah. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh jadi kurang baik dan membuat tubuh rentan terserang penyakit. 

Untuk itu, agar daya tahan tubuh senantiasa terjaga, pastikan Anda tetap beristirahat minimal 6 jam sehari untuk orang dewasa.

 

  3.   Rajin Olahraga

Orang bijak berkata, men sana in corpore sano alias di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Cara untuk mewujudkannya adalah dengan berolahraga.

Meskipun tengah berlibur, jangan lupakan untuk berolahraga ringan, seperti jalan-jalan santai atau melakukan peregangan agar tubuh tetap sehat dan bugar. 

Tidak hanya melancarkan peredaran darah dan membakar kalori saja, aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Untuk melakukannya, Anda cukup menyisihkan waktu sekitar 15-30 menit setiap hari.  

 

  4.   Hindari Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat 

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti vitamin, protein, lemak, dan mineral dapat menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan seimbang dengan porsi cukup.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, terlalu berminyak, dan manis. Penting juga untuk memenuhi kebutuhan air putih agar tubuh tidak mengalami hidrasi.

 

  5.   Hindari Stres

Hal lain yang tak kalah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan saat liburan panjang adalah menghindari situasi yang dapat membuat stres. Untuk itu, Anda dapat melakukan relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam.

 

  6.   Miliki Proteksi Kesehatan Terbaik 

Selain menerapkan langkah-langkah tersebut, hal lainnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memiliki proteksi terbaik, yaitu asuransi kesehatan. 

Biaya pengobatan dan perawatan akan lebih ringan dengan adanya asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan memberikan jaminan untuk menutupi biaya rawat inap, menjalani pengobatan penyakit kritis, hingga penanganan terhadap kecelakaan tak terduga. 

Agar selama perjalanan berlibur Anda terasa lebih aman dan nyaman, maka Anda membutuhkan asuransi kecelakaan diri. Anda bisa memperoleh perlindungan jenis ini di salah satu insurtech terbaik Tanah Air, Roojai.co.id.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill