Connect With Us

Rugi Kalau Ketinggalan, Simak 8 Amalan di Malam Nisfu Syakban

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:08

Ilustrasi salat di malam Nisfu Syaban (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Nisfu Syakban akan segera tiba, tepatnya pada 15 Sya’ban 1445 Hijriah atau Minggu, 25 Februari 2024. 

Artinya, Malam nisfu Syakban (15 Syakban) sudah masuk pada Sabtu malam Minggu, dan termasuk dalam lima malam yang doanya mustajab, seperti yang disampaikan oleh Nabi, sehingga sayang jika dilewatkan.

Berbicara tentang malam nisfu Syakban, terdapat beberapa amalan dianjurkan oleh para ulama pada malam tersebut. Berikut diantaranya seperti dilansir dari umsu.ac.id.

1. Memperbanyak Salat Sunah

Pada malam Nisfu Syakban, disarankan untuk memperbanyak shalat sunah sebagai kunci utama mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa salat adalah sebaik-baik syariat, dan umat dianjurkan untuk memperbanyaknya.

2. Melakukan Salat Sunah Tasbih

Salat Sunah Tasbih, dengan empat rakaat yang masing-masing diisi dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali, diharapkan membawa pengampunan dari Allah SWT. 

Amalan ini menekankan pada aspek spiritual dan ketaatan kepada Tuhan.

3. Salat Sunah Awwabin

Salat Sunah Awwabin, terdiri dari enam rakaat setelah shalat Maghrib dan sebelum Isya’, diharapkan membawa keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. 

Amalan ini menunjukkan pentingnya menjalin hubungan spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membaca Surah Yasin

Membaca Surah Yasin pada malam Nisfu Syakban, sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda pada setiap pembacaan, diharapkan membawa panjang umur, perlindungan, dan kekayaan hati dari Allah SWT. 

5. Membaca Tasbih Nabi Yunus

Dzikir "لا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ" yang diajarkan oleh Nabi Yunus AS, dianjurkan pada malam Nisfu Syakban untuk mendapatkan perlindungan dari bencana dan keselamatan di dunia dan akhirat. .

6. Membaca Ayatul Hirsh

Membaca Ayatul Hirsh (Surah at-Taubah Ayat 128-129) sebanyak 500 kali merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syakban. Amalan ini diharapkan dapat menjauhkan dari pertanyaan malaikat di alam kubur.

7. Memperbanyak Doa dan Selawat Nabi

  Selain melakukan amalan-amalan di atas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa dan selawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Berdoa dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, kesehatan, perlindungan, dan keberkahan dalam hidup merupakan bentuk ketaatan dan kerendahan hati di hadapan Allah.

8. Berpuasa pada Siang Hari

Selain amalan di malamnya, sangat dianjurkan berpuasa pada siang hari malam Nisfu Syakban. Dengan berpuasa, diharapkan mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Tuhan.

Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan di atas dengan ikhlas dan penuh keimanan, kita dapat meraih keberkahan, ampunan, dan rahmat dari Allah SWT pada malam Nisfu Syakban.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill