Connect With Us

Proses Lelang Tender di Tangsel Ricuh

| Rabu, 14 April 2010 | 18:09

Heriyanto (tangerangnews / deddy)


TANGERANGNEWS-Proses lelang barang dan jasa kontruksi proyek pengadaan Dinas Kesehatan Kota Tangsel yang pada Selasa (13/4) kemarin berlangsung ricuh.  Kericuhan ditengarai lantaran adanya makelar proyek (Mapro) berinisial BN yang telah memonopoli seluruh tender kesehatan.
Untuk mengamankan hasil lelang, Mapro yang berinisial BN ini diduga melakukan  teror dan meminta sejumlah uang kepada sejumlah  rekanan. Dugaan adanya permainan Mapro ini dirasakan pengusaha yang tergabung dalam Kadin.

Ketua Kadin Kota Tangsel  H. Edi Jupriani mengungkapkan, lantaran ingin memenangkan tender di lingkaran Mapro tersebut, sejumlah pengusaha di luar lingkar Mapro sengaja dibuat takut dan enggan mengikuti proses lelang juga meminta sejumlah uang agar berhasil memperoleh proyek pengadan Dinas  Kesehatan tersebut
"Kemungkinan ada yang memainkan dan sengaja membuat kondisi seperti ini. Kalau bukan  makelar proyek apa lagi," katanya siang ini.
Lebih lanjut Ia mengatakan karena ulah makelar berinisal BN proses lelang yang seharusnya berjalan lancar malah terhambat dengan ulah makelar proyek tersebut. Sementara itu Heriyanto dari LSM Lipikor mengatakan  makelar kasus sulit untuk dibantah, bahwa proses pelelangan project pemerintah yang dibiayai dengan dana APBN/APBD, tidak bersih dari segala kejahatan.
Ia menambahkan kejahatan itu dapat dilakukan oleh peserta lelang, oleh panitia lelang dan bahkan oleh orang-orang yang tidak terlibat langsung dalam proses lelang.
Ada dua komponen yang harus diatur pertama peserta dan panitia lelang, bahkan secara bersama-sama dapat pula melakukan  kejahatan. Begitu pula halnya dengan pihak ketiga, meskipun atas prakarsa salah satu diantara kedua komponen tersebut, sering pula terlibat di dalam kejahatan lelang.
“Kejahatan lelang biasanya berawal jauh hari sebelum proses lelang itu dimulai. Akan tetapi, imbasnya akan masih terasa jauh hari setelah lelang berakhir. Bahkan setelah pekerjaan yang dilelangkan selesai, kejahatan itu masih memberi dampak terhadap lelang tahun berikutnya. Ia seperti mata rantai yang yang sulit diputus,” ungkapnya. (deddy)
 

BANDARA
Layani Keberangkatan 53.621 Calon Haji, Bandara Soetta Sediakan 12 Konter Fast Track Keimigrasian

Layani Keberangkatan 53.621 Calon Haji, Bandara Soetta Sediakan 12 Konter Fast Track Keimigrasian

Minggu, 12 Mei 2024 | 15:29

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang melayani keberangkatan 53.621 calon jemaah haji dalam 128 kelompok terbang (kloter).

KAB. TANGERANG
Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Sekda Kabupaten Tangerang Minta Guru dan Orang Tua Perkuat Pendidikan Agama Bagi Anak

Jumat, 10 Mei 2024 | 16:14

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mendorong para pendidik dan orang tua, untuk terus memperkuat pendidikan agama bagi generasi muda di era digitalisasi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill