Connect With Us

Data Pemilih Tangsel Banyak Ganda

| Minggu, 18 Juli 2010 | 07:39

Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)

TANGERANGNEWS-Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah mulai melakukan validasi data pemilih sejak 12 hingga 31 Juli. Baru lima hari bekerja, sudah banyak ditemukan pemilih ganda.

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Iman Perwira Bachsan mengatakan, dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya terhadap PPDP, pemilih ganda ditemukan di hampir semua wilayah. Ini, katanya, karena Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke KPU Kota Tangsel kurang maksimal.
 
“Dalam evaluasi dengan PPDP dihadirkan pula Disdukcapil untuk mengetahui secara langsung. Karena, DP4 masih belum sempurna dengan ditemukan pemilih ganda hampir di setiap wilayah,” kata Iman di kantornya di Jalan Maruga, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (16/7).
Iman mengatakan, untuk menghindari banyaknya pemilih ganda seharusnya saat verifikasi kependudukan yang dilakukan Disdukcapil dimasukkan juga nama ibu. “Sehingga, biarpun namanya ditulis berbeda, tidak akan dimasukkan lagi di DP4, karena bisa diketahui dari nama ibunya. PPDP juga lebih enak melakukan validasi data,” ucapnya.
Bahkan, katanya, sebelum DP4 diserahkan ke KPU Disdukcapil sudah membersihkan sebanyak 164 ribu pemilih ganda. “Untungnya sudah dibersihkan duluan. Kalau masih ada di dalam DP4 akan sangat menghambat petugas PPDP dalam melakukan validasi,” imbuhnya.
Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Kota Tangsel Amar mengaku ragu dengan data DP4. Ia menilai verifikasi kependudukan yang dilakukan petugas Disdukcapil asal-asalan dan tidak langsung ke warga. “Petugas hanya minta ke RT. Dan, RT-nya juga cuma menyerahkan data yang dimilikinya tanpa melakukan pendataan langsung ke warga,” tandasnya. (rb/dira)
 
KAB. TANGERANG
Mobil Hias dari Kabupaten Tangerang Ikut Parade di HUT ke-44 Dekarnas di Surakarta 

Mobil Hias dari Kabupaten Tangerang Ikut Parade di HUT ke-44 Dekarnas di Surakarta 

Kamis, 16 Mei 2024 | 11:42

Pemkab Tangerang ikut berpartisipasi dalam parade lomba mobil hias kriya dan budaya untuk memeriahkan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Rabu, 15 Mei 2024.

PROPERTI
Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Rabu, 8 Mei 2024 | 11:05

Duta Indah Starhub akan melakukan Topping Off sekaligus memberikan promo pada 18 Mei 2024 mendatang.

NASIONAL
PLN Tambah 111 Unit SPKLU di Rest Area, Ini Lokasinya 

PLN Tambah 111 Unit SPKLU di Rest Area, Ini Lokasinya 

Rabu, 15 Mei 2024 | 14:08

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PLN Haleyora Power, akan menambah 111 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai ruas tol di Indonesia.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill