Connect With Us

DPC PDIP Tangsel Tersinggung Partai Demokrat Sebut Megawati Gulingkan Gus Dur

Tim TangerangNews.com | Selasa, 5 Oktober 2021 | 22:56

Megawati ketika masih menjadi Wakil Presiden RI saat memberikan permen kepada Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid di Jakarta, 6 Juni 2001. (@TangerangNews / AFP)

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memprotes keras  pernyataan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat (PD), Herzaky Mahendra Putra, yang menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggulingkan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) saat menjadi presiden.

Ketua DPC PDIP Kota Tangsel, Wanto Sugito, menyatakan pihaknya sangat tersinggung dengan pernyataan juru bicara Partai Demokrat itu. Herzaky dinilai telah asal bicara dan tidak mengerti sistem politik ketika itu. 

"Sebagai kader Banteng, saya sangat tersinggung dengan pernyataan Saudara Herzaky, Jubir Demokrat. Selain ngawur, Herzaky tidak paham sistem politik saat itu di mana MPR RI kedudukannya sebagai lembaga tertinggi,”  ujar Wanto dalam keterangannya, Selasa 5 Oktober 2021.

Wanto melanjutkan bahwa lembaga MPR itu terdiri dari DPR RI dan DPD RI. “Jadi kalau mau main tuduh, harusnya ke Amien Rais, bukan ke Ibu Megawati," tegasnya. 

Dia menekankan, kader PDIP tidak terima nama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dibawa-bawa oleh Herzaky. Oleh karena itu pihaknya mendesak Herzaky untuk segera meminta maaf. "Atas dasar hal tersebut, saya berikan waktu kepada saudara Herzaky untuk meminta maaf,” tandasnya.

Menurut Wanto, jika pihak Partai Demokrat tidak segera meminta maaf dan mengganti Herzaky, maka Partai Demokrat bakal menanggung akibatnya. "Jika tidak, maka karma politik akan terus melanda Demokrat seperti pengungkapan kasus narkoba, korupsi berjemaah yang melanda kader-kader muda, di mana banyak yang menyebut campur tangan putra kesayangan petinggi Demokrat tersebut," bebernya.

Selanjutnya Wanto mempersilakan Herzaky mengadakan klarifikasi langsung soal penggulingan Gus Dur ke Amien Rais atas masalah tersebut. Menurut dia, selama ini Megawati dan Gus Dur bersahabat baik.

"Antara Bu Mega dan Gus Dur itu terjalin persahabatan sejati, jadi jangan dipecah belah urusan politik. Sebaiknya Demokrat konsolidasikan saja internalnya daripada campur tangan ke partai lain," kata Wanto.

Lebih jauh kemudian Wanto menuding Partai Demokrat berbuat curang karena suara Partai Demokrat pada Pemilu 2009 melonjak 300 persen terkait masalah penggunaan bansos, manipulasi DPT, penggunaan aparat hukum, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut ide pendirian partainya muncul setelah Megawati menggulingkan Gus Dur dari kursi Presiden RI. Ketika itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) –saat ini Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat-- menjadi salah seorang kandidat cawapres. Adapun satu cawapres lainnya adalah Hamzah Haz.

"Kalau kami ingin ulangi lagi kisahnya, PD berdiri dimulai ketika Pak SBY waktu itu di MPR, ketika ada pemilihan Wakil Presiden dari Ibu Megawati yang baru saja menggulingkan Bapak Gus Dur. Ketika itu ada cawapres ada dua, satu Pak Hamzah Haz, kedua Pak SBY," kata Herzaky, Minggu 3 Oktober 2021.

TEKNO
Vivo Rilis Smartphone Gaming iQOO Z9, Begini Performa dan Spesifikasinya 

Vivo Rilis Smartphone Gaming iQOO Z9, Begini Performa dan Spesifikasinya 

Rabu, 22 Mei 2024 | 10:16

Perusahaan smartphone Vivo melalui sub-brand-nya kembali merilis seri terbaru bertajuk iQOO Z9 5G, yang dirancang khusus untuk para gamer.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KAB. TANGERANG
14 Ribu ASN Pemkab Tangerang Tandatangani Pakta Integritas Netralitas Jelang Pilkada 2024

14 Ribu ASN Pemkab Tangerang Tandatangani Pakta Integritas Netralitas Jelang Pilkada 2024

Rabu, 22 Mei 2024 | 20:29

Para Aparatus Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tangerang melakukan penandatanganan pakta integritas untuk bersikap netral dalam Pilkada serentak 2024.

NASIONAL
50 Kata-kata Ucapan Hari Raya Waisak 2024, Momentum Renungan Ajaran Buddha Gautama 

50 Kata-kata Ucapan Hari Raya Waisak 2024, Momentum Renungan Ajaran Buddha Gautama 

Kamis, 23 Mei 2024 | 09:34

Hari ini, umat Buddha di Indonesia tengah memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE, yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill