Connect With Us

Bentuk Raperda BPR Syariah, DPRD Kota Datangi Tangsel

| Senin, 9 Mei 2011 | 18:58

TANGERANG-Untuk mengkaji lebih dalam wacana DPRD Kota Tangerang membentuk sebuah rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah, tim Komisi III DPRD mendatangi Wakalumi BPR Syariah yang berada di Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (9/5).

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar. “Dari kunjungan kerja (Kunker) kita ke Tangsel diperoleh kesimpulan bahwa untuk membentuk BPR Syariah dibutuhkan keseriusan. Tidak asal sembarangan dalam merekrut orang tetapi harus yang mengerti banyak tentang Bank Syariah. Termasuk dalam hal jumlah modal yang disetor,” ungkapnya.

Selain itu, terang Fauzi, jenis nasabah yang datang ke BPR Syariah nanti akan seperti apa. “Jadi kita harus tahu ragam nasabah yang datang ke BPR Syariah. Yang jelas syarat syarat untuk berdirinya sebuah BPR Syariah harus dipelajari dengan benar dan paham,” tandas Fauzi.
 
Dikatakannya, dalam kunker tersebut baru bersifat mencermati bagaimana beroperasinya BPR Syariah.  Namun demikian, pihaknya berharap BPR Syariah bisa mengakomodir masyarakat luas yang ada di Kota Tangerang dengan orientasi mikro kecil dan menengah. 
 
Sementara  Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Tangerang mengaku saat ini tengah mempersiapkan Raperda inisiatif tentang BPR Syariah. Raperda ini nantinya akan diajukan ke pimpinan DPRD saat sidang paripurna. “Benar saat ini kami tengah menyusun naskah akademis tentang raperda inisiatif BPR Syariah dan diharapkan raperda ini bisa menjadi peraturan daerah (perda) setelah dilakukan pengkajian,” ujar anggota Banleg DPRD Kota Tangerang Aulia Epria Kembara.
 
Menurutn  Aulia, dalam raperda ini pihaknya mengacu pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dimana menjadikan masyarakat Kota Tangerang yang berakhlaqul karimah dan disinilah keinginan terbentuknya BPR Syariah. "BPR Syariah ini akan dikelola secara profesional demi meningkatkan pelayanan masyarakat," tandas Aulia yang menjabat sebagai sekretaris komisi IV DPRD Kota Tangerang.
 
Aulia menambahkan, apabila tahun ini raperda tersebut telah disahkan, maka kemungkinan BPR Syariah akan terlaksanakan tahun 2012 mendatang. "Perlu ada proses didalamnya, seperti sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengelola BPR Syariah tersebut," pungkasnya. (RAZ)

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

TANGSEL
Korban Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Pilot, Kopilot dan Engineer

Korban Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Pilot, Kopilot dan Engineer

Minggu, 19 Mei 2024 | 20:02

Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) AKBP Ibnu Bagus Santoso menyebutkan profesi tiga korban tewas akibat pesawat jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel pada Minggu 19 Mei 2024, siang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill