Connect With Us

Serpong Line Makin Diminati, tapi Masih Minim Fasilitas

| Kamis, 12 Mei 2011 | 19:28

Menunggu Kereta di Stasiun Sudimara. (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG-Penumpang berjejal dan berebut mencari tempat berteduh,baik saat turun hujan maupun ketika terik matahari,sudah menjadi pemandangan biasa di Stasiun Sudimara, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Meski memiliki penumpang paling banyak di lintasan Serpong Line,fasilitas dan pelayanan di stasiun ini kurang memadai. Ketika  mendatangi stasiun seluas 6.000 m2,beberapa bagian sudah terlihat usang.Cat di peron sudah berganti kecokelatan karena karat termakan usia.Itu pun atap yang ada tidak sampai sama dengan panjang peron.Akibatnya, setiap turun hujan penumpang yang menunggu kereta pasti akan terkena kilasan air.

Tak ketinggalan asongan,pengemis, dan pengamen turut memperburuk wajah stasiun. Ditambah dengan lokasi parkir yang sudah tidak cukup lagi. Areal parkir yang luasnya hanya 3.000 m2 tak mampu menampung jumlah kendaraan.Lantai parkir pun ubinnya sudah rusak, sehingga kalau hujan akan becek. Saat akan masuk-keluar stasiun pun,kemacetan mengular, baik dari arah Pasar Jombang maupun Ciputat.

“Kuping saya juga sudah budeg,banyak yang komplain pintu masuk stasiun macet. Sementara itu,saya baru bisa menyelesaikan persoalan di dalam stasiun dulu.Ini saya masih terus melakukan pencegahan kepada pedagang asongan di sini.Sebelumnya, pedagang asongan sampai berjualan di samping kantor ini,” ujar Kepala Stasiun Sudimara Pujiono.

Pria yang baru sekitar tiga bulan menjabat itu menuturkan, kemacetan terjadi karena warga Tangsel masih memilih naik kereta dari Stasiun Sudimara, padahal masih ada stasiun yang lebih representatif dari Stasiun Sudimara,yakni Stasiun Jurangmangu dan Rawabuntu.“ Di sini jumlah penumpangnya sudah mencapai 9.482 penumpang per hari, sedangkan kalau hari libur 2.000 penumpang,”tandasnya.

Kemacetan juga dipicu oleh maraknya angkot yang berhenti dan menjadikan stasiun itu sebagai terminal bayangan. Banyak juga warga sekitar yang menjadi timerangkot. Menurut Pujiono,seharusnya ada terminal di sekitar stasiun itu sehingga mengurangi kemacetan.“ Dapat dibayangkan jumlah penumpang di sini setiap tahun rata-rata naik 15%,”ujarnya.

Berbeda dengan Stasiun Sudimara,Stasiun Rawabuntu,Serpong jumlah penumpangnya dalam sehari rata-rata 2.700–3.500 pada hari kerja,sedangkan Sabtu dan Minggu sekitar 1.500 penumpang.Sementara di Stasiun Jurangmangu, Ciputat,meskipun representatif dan letaknya cukup strategis,jumlah penumpang tidak terlalu signifikan. “Frekuensi kereta api di sini sama dengan di Sudimara, 22 kereta api setiap harinya, pulang dan pergi,”terang Kepala Stasiun Rawabuntu Satia Tarta Gunada.

Luas stasiun Rawabuntu adalah 3.000 m2,sedangkan area parkirnya 1.500 m2 .“Ya, sama di sini juga full lokasi parkirnya.Seratus mobil parkir setiap harinya di sini, dan itu adalah langganan,” terangnya. Stasiun Pondokranji, Stasiun Kebayoran Lama,dan Stasiun Palmerah,kondisinya tak jauh berbeda dengan Stasiun Sudimara.Jumlah penumpang di stasiun ini cukup banyak,namun belum ada perbaikan.

Bahkan,peron di Stasiun Kebayoran Lama dan Palmerah sangat pendek sehingga menyulitkan penumpang.Frekuensi perjalanan KRL di Serpong Line (Serpong–Manggarai) hingga kini belum ada penambahan.Padahal,jumlah penumpang terus mengalami peningkatan.

Beruntung lintasan tersebut juga dilalui kereta api jurusan Rangkasbitung/Merak–Tanah Abang/Jakarta Kota/Pasar Senen sehingga penumpang masih bisa tertampung meskipun harus berdesakan dengan barang dagangan. Harga tiket untuk KRL ekspres Rp8.000,ekonomi AC Rp4.500,dan ekonomi Rp1.500. Seperti lintasan lainnya, penumpang tanpa tiket juga masih marak.Bahkan,mereka nekat naik di atas atap meskipun ada petugas (Koran SINDO)

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

TANGSEL
Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:33

Evakuasi badan pesawat latih yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT).

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill