Connect With Us

Kantor Perpustakaan di Tangsel Luncurkan Katalog Online

| Kamis, 25 April 2013 | 22:13

TANGERANG-Kantor Perpustakaan Kota Tangsel terus menggenjot budaya baca. Hal itu, akan dilakukan dengan membuat jaringan katalog di Taman Bacaaan Masyarakat (TBM). Antara satu TBM dengan yang lain, berada pada satu jaringan.
 
Kepala Kantor Perpustakaan Kota Tangsel Chaerudin mengatakan, katalog jaringan itu akan berlaku di semua TBM. Ini, akan memudahkan masyarakat ketika mencari buku yang dibutuhkan. "Jika tidak ada buku di TBM yang ia kunjungi, warga bisa mencarinya di katalog itu," jelas Chaerudin, Kamis (25/4).
 
Misalnya, lanjut Chaerudin, ketika mencari buku di inetrnet yang ada di TBM maka komputer akan memeberitahukan buku berikut keberadaanya. "Akan keluar judul buku dan nama TBM. Misalnya judul buku si Kancil, ada di TBM Ciputat," jelasnya.
 
Setelah itu, warga yang mencari buku itu juga bisa meminjam bukunya meski tidak ada di tempat yang ia kunjungi. Caranya, memesan dalam katalog yang ada di TBM itu. "Setelah dipesan, bisa diantarakan ke rumah yang meminjam atau diantarkan ke TBM di mana orang tersebut memesan," terangnya lagi.
 
Untuk mendukung program itu, setiap TBM yang ada di Kota Tangsel akan diberikan fasilitas berbentuk laptop berikut jaringannya. Selain itu juga, sebelumnya sudah berikan pelatihan internet untuk para pengelola TBM se Kota Tangsel. "Sekarang ini ada 54 TBM di bawah Magma (Masyarakat Gemar Membaca). Ke depannya, bisa jadi akan terus bertambah," ujarnya.
 
Selain jaringan, untuk melancarkan program itu juga akan ditambah dengan softwear khusus untuk katalog. Semua kegiatan itu, tidak dibiayai Kantor Perpustakaan Kota Tangsel. Melainkan dari dana Corporate Social Responcibility (CSR) dari pengembang di kawasan Tangsel.

"Awalnya CSR itu akan diberikan berbentuk uang. Tapi kemudian kami menolak. Lebih baik diberikan dalam bentuk barang melalui program. Maka, katalog jadilah program jaringan ini," tuturnya.(DRA)

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

SPORT
Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Selasa, 30 April 2024 | 08:41

Persita Tangerang akan menjamu Bali United di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada Selasa, 30 April 2024, sore.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill