Connect With Us

Cek Fakta: Wakil Bupati Tangerang Beri Bantuan Donasi Lewat WhatsApp

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 30 Mei 2023 | 10:51

Nomor tidak dikenal mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Beredar sebuah pesan lewat aplikasi perpesanan yang mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli memberikan bantuan donasi.

Pesan yang beredar tersebut salah satunya melalui nomor +6281334073010 dengan menggunakan foto profil Wakil Bupati Tangerang, yang menyasar para pengurus masjid.

"Assalamualaikum apa benar ini dengan salah satu pengurus FUTUHUL FALAKIYAH. Klok boleh tau dengan BPK/ibu siyapa saya berbicara ini, perkenalkan saya Bapak H. Mad Romli WAKIL BUPATI KAB Tangerang," demikian salah satu pesan yang beredar.

Nomor yang mengaku sebagai Wakil Bupati Tangerang itu menyebut untuk memberikan donasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang kepada tempat ibadah dan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Tangerang.

"iya bapak, maksud dan tujuan saya menghubungi bapak saat ini guna untuk menyampaikan prihal bantuan donasi yang dibagikan oleh Pemkab. Donasi yang dibagikan per 5 tahun sekali dab diperuntukkan ke seluruh tempat ibadah dan pondok pesantren khususnya di wilayah Pemkab Tangerang," sambungnya.

Faktanya

Akun Twitter resmi Pemkab Tangerang, @PemKabTangerang mengklarifikasi terkait pesan bantuan donasi yang mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli.

"Harap waspadai penipuan mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang," tulis akun @PemKabTangerang dikutip pada Selasa, 30 Mei 2023.

Pemkab Tangerang juga mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan mengklik tautan, mengunduh, atau transfer dari sumber-sumber yang tidak dikenal.

"Gunakanlah aplikasi pelacak nomor, seperti Get Contact agar mengetahui identitas pemilik nomor, atau nomor baru yang tidak dikenali, baiknya diabaikan saja," imbuh Pemkab Tangerang.

Kesimpulan

Berdasarkan klarifikasi langsung dari pihak Pemkab Tangerang, dapat disimpulkan nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dengan modus memberikan donasi merupakan hoaks.

Masyarakat hendaknya lebih selektif terhadap informasi yang beredar di internet agar terhindar dari segala bentuk modus kejahatan siber.

KOTA TANGERANG
Meski Bukan Narkoba, BNN Kota Tangerang Bisa Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Kecubung

Meski Bukan Narkoba, BNN Kota Tangerang Bisa Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Kecubung

Selasa, 16 Juli 2024 | 19:38

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang menyebut penyalahgunaan kecubung bisa tetap dijerat hukum meski tanaman tersebut bukan termasuk ke dalam golongan narkotika.

MANCANEGARA
Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Senin, 8 Juli 2024 | 15:32

Kartun Upin & Ipin yang memiliki banyak penggemar di Indonesia disebut sebagai alat propaganda dari Negeri Jiran Malaysia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill