Connect With Us

5 Tips Pintar Bayar Cicilan Pakai Traveloka PayLater dengan Bijak

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 8 Juni 2023 | 18:46

Ilustrasi Traveloka PayLater. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pernahkah kamu membayar pakai PayLater? Kalau belum, apa alasan mengapa kamu masih belum menggunakan metode pembayaran yang satu ini?

Meskipun sudah makin umum digunakan oleh masyarakat di Tanah Air, metode pembayaran kredit yang satu ini masih dipandang sebagai cara yang merugikan.

Padahal, sebenarnya bayar kredit pakai PayLater tidak harus merugikan kalau kamu tahu cara penggunaannya yang benar, cermat, dan bijak. Jika digunakan dengan tepat, justru limit paylater-mu bisa bermanfaat dan bahkan menguntungkan.

Hal yang sama juga berlaku buat kamu yang menggunakan Traveloka PayLater untuk transaksi di dalam platform aplikasi travel dan lifestyle yang satu ini.

Nah, kalau kamu adalah pengguna Traveloka dan ingin memanfaatkan fitur PayLater di aplikasi tersebut dengan lebih bijak, kamu bisa simak dulu 5 tips berikut ini:

 

1. Gunakan PayLater untuk transaksi yang memang mampu kamu bayar.

Ingat, bahwa Traveloka PayLater pada dasarnya merupakan metode pembayaran dan limit-nya bukanlah uang gratisan yang bisa kamu gunakan sampai habis.

Soalnya, kamu harus membayar tagihan PayLater sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan. Dengan begitu, pastikan bahwa kamu hanya melakukan transaksi yang memang sanggup kamu bayar di kemudian hari.

Apabila kamu menggunakan opsi cicilan, pastikan bahwa kamu sanggup membayar cicilannya selama tenor yang berlaku. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau nantinya kamu akan kesulitan membayar tagihan paylater-mu dan reputasi akunmu tetap baik.

 

2. Cek syarat dan ketentuan dengan cermat saat membayar.

Sebenarnya, tips yang satu ini penting kamu terapkan terlepas dari apa metode pembayaran yang kamu pilih saat bertransaksi, termasuk saat menggunakan fitur PayLater.

Misalnya kamu menemukan promo potongan harga di aplikasi Traveloka. Sebelum melakukan pembayaran menggunakan limit PayLater Traveloka, cek dulu apakah promo tersebut juga berlaku untuk pembayaran menggunakan metode PayLater. Karena kalau ternyata promonya tidak berlaku, tentu kamu tidak akan mendapat diskon tersebut, kan?

 

3. Prioritaskan transaksi dengan bunga 0%.

Seperti yang sudah kamu ketahui, kamu dikenai bunga sekian persen setiap melakukan pembayaran secara kredit, termasuk saat menggunakan Traveloka PayLater.

Oleh karena itu, apabila kamu tidak ingin dibebani oleh pembayaran bunga cicilan, sebaiknya kamu pilih transaksi dengan bunga 0%. Dengan begitu, pembayaran cicilan PayLater nanti terasa lebih enteng dibandingkan jika kamu membayar dengan bunga.

 

4. Gunakan PayLater hanya ketika kamu benar-benar membutuhkan.

Pada dasarnya, ingat bahwa PayLater idealnya bukanlah metode pembayaran utama. Jika kamu ragu menggunakan metode pembayaran kredit yang satu ini karena ada orang di sekitarmu yang terlilit kredit online, bisa dipastikan hal tersebut dikarenakan kesalahan pribadinya.

Apalagi jika platform kredit online-nya sudah jelas-jelas resmi seperti Traveloka PayLater.

Agar kamu tidak ikut-ikutan terlilit utang kredit online, selalu pakai pembayaran tunai sebagai metode pembayaran utama.

Sementara itu, gunakan limit PayLater hanya dalam kondisi darurat dan ketika kamu benar-benar membutuhkannya.Sebagai contoh, kamu adalah anak rantau yang bekerja di luar kota atau bahkan luar pulau.

Dalam situasi darurat di mana kamu diminta harus pulang karena ada keperluan penting yang mendadak, baru kamu bisa gunakan Traveloka PayLater untuk membeli tiket PP.

 

5. Tentukan limit pribadimu, bukan berdasarkan limit paylater-mu.

Ketika kamu mengaktifkan PayLater, kamu akan mendapatkan limit pembayaran dengan nominal tertentu. Biasanya, makin sering kamu bertransaksi pakai PayLater dan kamu selalu melakukan pembayaran tagihan tepat waktu, limit-mu akan bertambah.

Hanya saja, sekali lagi ingat bahwa limit paylater-mu bukanlah uang dadakan yang bisa kamu habiskan sesukanya.

Ingat bahwa setiap transaksi yang kamu bayar hari ini dengan PayLater pasti menjadi cicilan yang harus kamu bayar dengan sebagian gajimu di kemudian hari.

Oleh karena itu, tentukan limit pembayaran cicilan atau kredit tiap bulannya agar kondisi finansialmu tidak terusik.

Sebagai contoh, kamu menerima gaji sebesar Rp5 juta tiap bulannya, dan kamu membatasi limit pembayaran cicilan dan kredit maksimal Rp500 ribu saja tiap bulan.

Jadi, meskipun Traveloka PayLater bisa mencapai belasan atau puluhan juta, gunakan seperlunya agar gajimu tidak habis hanya untuk bayar cicilan.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill