Connect With Us

Festival Perahu Naga Peh Cun Tangerang Dimulai, Ini Lokasi dan Rangkaian Acaranya

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 22 Juni 2023 | 13:58

Perahu Naga yang akan digunakan untuk lomba Festival Peh Cun di Pendopo Peh Cun Tanah Gocap, Kota Tangerang, Rabu 21 Juni 23, malam.  (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Setelah dua tahun dilanda pandemi, Festival Perahu Naga Peh Cun 2023 kembali digelar dengan meriah, dengan sederet agenda.

Perayaan yang digelar dengan tema "Harmoni di Dalam Keberagaman" ini, dibuka dengan penampilan Wayang Potehi dan ritual memandikan perahu yang berumur 100 tahun lebih, di Pendopo Peh Cun Tanah Gocap, Rabu 21 Juni 23, malam. 

Mulio Kantjana, Ketua Panitia Perayaan Peh Cun 2023 mengungkapkan Festival Perahu Naga Peh Cun akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang, yang berlokasi di Sungai Cisadane, Jalan Kalipasir Indah, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Trangerang.

Dalam pembukaan ini, Wayang Potehi merupakan hiburan rakyat Cina sejak abad lama. Pertunjukan ini dihadirkan, untuk mereka para lansia yang dulunya rutin menonton Wayang Potehi, dengan berbagai cerita mitos terkait kerajaan pendekar Cina. 

Sedangkan untuk ritual memandikan perahu merupakan ritual menyambut mulainya Festival Perahu Naga Peh Cun.

"Sebagai ritual pemberkatan kepada perahu, dengan harapan acara berlangsung aman dan perahu juga aman saat besok digunakan lomba. Sebelum pemandian, juga dilakukan ibadah Buddha Mahayana," ungkap Mulio. 

Nama perahu yang mengikuti ritual pemandian, ialah Perahu Papak Merah dan Perahu Papak Hijau. Di mana dulunya, merupakan pemberian Kapitan Tangerang Oey Khe Tay kepada Kelenteng Boen Tek Bio. 

"Tahun 1900 Kapitan Tangerang Oey Giok Koen menyumbangkan sepasang perahu naga merah dan kuning ke Kelenteng Boen San Bio. Sejak itulah perayaan Peh Cun berjalan dan dilestarikan hingga saat ini," kata Mulio. 

Sebagai informasi, di Festival Perahu Naga Peh Cun, masih akan berlangsung wisata perahu dan gambang kromong di atas perahu, sembahyang YUE dan ritual mendirikan telur, Lepas bebek dan lomba tangkap bebek, pada tanggal 22 Juni. 

Pameran foto Peh Cun dari masa ke masa, penampilan barongsai dan berbagai pentas seni pada 23 Juni.

Pembukaan lomba perahu naga, pelepasan 100 replika lentera perahu naga, pentas seni daerah, lomba menggambar dan mewarnai pada 24 Juni.

Final lomba perahu naga, bakso donor darah hingga pembagian hadiah-hadiah lomba pada 25 Juni. 

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill