Connect With Us

Kamera ‘Pengintip’ Gelandangan dan Pengemis Tak Efektif

Denny Bagus Irawan | Minggu, 18 Mei 2014 | 18:14

Pengemis Tangerang terjaring Razia (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

 
SERANG - Tiga Kamera CCTV untuk memantau gelandangan dan pengemis milik Pemerintah Provisni (Pemprov) Banten, yang dipasang di Kota Serang dan Cilegon kurang efektif. Hal itu disebabkan tidak adanya tim pemantau atau oprator khsusus yang disediakan oleh pemerintah kabupaten/kota.
 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nandy Mulya mengatakan, Dinsos Banten telah memasang tiga kamera CCTV sejak Februari 2014 lalu, dua CCTV di Kota Serang dan satu di Kota Cilegon. "Kami sudah menyediakan kamera CCTV untuk mengawasi keberadaan pengemis dan gelandangan di Kota Serang dan Cilegon, tapi memang petugas pengawasnya belum maksimal," ungkap Nandy, kemarin. 
 
Menurut Nandy  saat ini petugas pengawas masih dilakukan oleh  Pemprov Banten, namun tidak bisa dilakukan secara maksimal. "Harusnya pengawas yang bertugas di pos kamera CCTV  bukan petugas dari kami (Provinsi), tapi harus dari pemerintah setempat agar lebih maksimal," ujarnya.
 
Nandy mengungkapkan, CCTV yang dipasang di tiga titik simpang empat pusat kota di dua daerah itu, agar setiap gelandangan dan pengemis dapat diketahui. Sehingga dapat memudahkan melakukan pendataan pengemis dan gelandangan baik yang lama maupun pendatang baru. "Tidak hanya itu kami juga ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jalan," ungkapnya.
 
Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas sosial Provinsi Banten, Irma Mulyasari mengatakan, keberadaan gelandangan dan pengemis di perempatan jalan di dua daerah itu sudah sangat menganggu pengemudi. "Selain mengancam keselamatan pengemudi juga membahayakan pengemis dan gelandangan itu sendiri," jelasnya.
 
Menurut Irma kamera CCTV yang dipasang itu dapat diakses melalui jaringan internet, sehingga petugas yang melakukan pemantauan bisa dilakukan dari manapun.
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Sambut Liga 3 Nasional, Suporter di Kota Tangerang Deklarasi Damai

Sambut Liga 3 Nasional, Suporter di Kota Tangerang Deklarasi Damai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:23

Jelang penyelenggaraan Liga 3 Nasional 2023/2024, sejumlah suporter bersama Polres Metro Tangerang Kota dan Askot PSSI Kota Tangerang

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill