Connect With Us

Pemprov Banten Sebut Media Punya Peran Penting Edukasi Masyarakat Cegah Omicron

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 21 Desember 2021 | 23:11

Ilustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529). (@TangerangNews / Antara)

TANGERANGNEWS.com-Dalam penerapan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron yang telah masuk ke Indonesia, media massa memiliki peran penting dalam edukasi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Adpim Setda Provinsi Banten Arif Agus Rakhman dalam diskusi berasma wartawan dengan tema "Banten Siaga Omicron Disiplin Prokes Adalah Kunci" di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa 21 Desember 2021.

Arif mengatakan, usai mengikuti rapat koordinasi arahan Presiden Joko Widodo pada Kamis 16 Desember 2021, Pemprov Banten yang dipimpin Gubernur Banten Wahidin Halim langsung menindak lanjuti dengan rapat bersama Bupati/Walikota, Forkopimda, Direktur Rumah Sakit dan unsur terkait.

Salah satu yang dibahas adalah peran media massa dalam pengendalian dan kesiapsiagaan pencegahan penyebaran Covid-19 varian omicron di Provinsi Banten. 

"Kita semua termasuk media memiliki peran penting mengedukasi masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ketika kita semua bersatu kita optimis bisa mengatasi pandemi ini," pungkasnya. 

Kepala BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi, edukasi dan pembagian masker untuk antisipasi penyebaran varian omicron sesuai Instruksi Gubernur Banten No 41/2021.

Dikatakannya, dalam rangka Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, BPBD telah melakukan rapat koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah untuk persiapan.

Sementara itu untuk penanganan bencana alam saat ada bencana non alam, dinilai berjalan baik berkat dukungan mitra kerja dalam hal ini Komisi V DPRD Provinsi Banten. 

"Tahun 2021, BPBD sudah melakukan simulasi-simulasi penanganan bencana alam pada saat terjadi Covid-19. Kita harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan dan membatasi mobilitas," ungkap Nana. 

Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Banten Fitron Nur Ikhsan mengungkapkan, Covid-19 jauh lebih menyebar cepat dari pada upaya menyadarkan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Harus banyak yang dipelajari, dari pola penyebaran Covid-19 dan bagaimana kita mengadakan perlawanan terhadap penyebarannya," ungkapnya. 

Saat ini, Pemerintah melihat penyebaran Covid-19 dari pergerakan atau mobilitas masyarakat. "Penyebaran Covid-19 harus dilihat dari persepsi-persepsi yang beragam, kita mengapresiasi kinerja Pemprov Banten dalam penanganan pandemi Covid-19." pungkasnya.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill