Connect With Us

Bukan Pajero, Ini Deretan Mobil yang Cocok Dijadikan Ambulans

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 14 Mei 2023 | 11:38

Mobil ambulans berbasis Pajero Sport milik DPRD Provinsi Banten (@TangerangNews / Istimewa )

TAGERANGNEWS.com- Masyarakat sempat dihebohkan dengan pengadaan ambulans menggunakan mobil berjenis Pajero Sport oleh DPRD Banten.

Pajero Sport senilai Rp900 juta itu dinilai sebagai pemborosan dan tidak efektif sesuai penggunaannya.

Kritikan itu disampaikan oleh ketua dari kelompok relawan kemanusiaan Banten, Lulu Jamaludin.

“Dengan harga segitu, banyak yang lebih luas. Kalau untuk pasien saja bisa, cuma untuk pendamping sangat sempit,” ujarnya dikutip dari kompas.tv pada Minggu, 14 Mei 2023.

Sekretariat DPRD Banten Deden Apriandhi menyebut, pengadaan ambulans tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena unit sebelumnya sudah tidak berfungsi.

Meski begitu, penggunaan mobil Pajero Sport memang cukup jarang menjadi pilihan. Berikut beberapa daftar mobil yang kerapa diubah menjadi ambulans.

1. Van kargo atau van penumpang

Van kargo atau van penumpang seperti Mercedes-Benz Sprinter, Ford Transit, atau Volkswagen Crafter sering diubah menjadi ambulans. Ini karena mereka memiliki ruang yang luas di bagian belakang yang dapat diadaptasi dengan baik untuk keperluan medis. Ruang tersebut dapat menampung peralatan medis dan tim medis dengan nyaman.

2. Sport Utility Vehicle (SUV)

SUV seperti Ford Explorer, Chevrolet Tahoe, atau Toyota Land Cruiser juga sering dijadikan ambulans, terutama di daerah dengan medan yang sulit atau jalan yang tidak rata. Kemampuan off-road SUV dan kapasitas penumpang yang lebih besar membuatnya cocok untuk situasi darurat di daerah pedesaan atau terpencil. Pajero merupakan mobil bertipe SUV, namun dinilai tidak terlalu cocok dijadikan ambulans lantaran bagian dalamnya cukup sempit jika untuk menampung pasien sekaligus pendampingnya.

3. Kendaraan Pikap (Pick-up)

Beberapa wilayah menggunakan kendaraan pikap seperti Toyota Hilux, Ford Ranger, atau Mitsubishi L200 sebagai ambulans. Kendaraan pikap ini dapat dimodifikasi dengan modul ambulans di belakangnya dan memiliki daya angkut yang baik untuk membawa pasien dan peralatan medis.

4. Mobil berbasis sedan

Di beberapa negara, mobil berbasis sedan seperti Toyota Camry, Volkswagen Passat, atau Skoda Octavia juga dapat diubah menjadi ambulans. Biasanya, sedan ambulans ini digunakan untuk transportasi pasien yang stabil dan tidak memerlukan peralatan medis yang sangat rumit.

5. Kendaraan khusus ambulans

Selain itu, ada juga kendaraan yang secara khusus dirancang dan dibangun sebagai ambulans dari awal. Ini termasuk kendaraan seperti Mercedes-Benz Ambulance atau Renault Master Ambulance. Kendaraan ini memiliki fitur khusus yang dirancang untuk kebutuhan medis darurat.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill