Connect With Us

Konsisten Laksanakan ESG, ABMM Raih Predikat Leadership AAA Selama 3 Tahun Berturut-turut

Tim TangerangNews.com | Jumat, 1 Desember 2023 | 03:12

Salah satu kegiatan environment, social, and governance yang diselenggarakan PT ABM Investama Tbk. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com - PT ABM Investama Tbk (ABMM) kembali dianugerahi predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023.

Penghargaan ini merupakan kali ketiga yang diraih perusahaan atas konsistensinya mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) terutama dalam hal Environment, Social, & Governance (ESG) melalui melalui Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang terbuka untuk publik.

Diinisiasi oleh Investortrust dan Bumi Global Karbon (BGK) Foundation, perusahaan yang masuk jajaran ESG Disclosure Transparency Award 2023 telah melewati beragam penilaian menggunakan 33 faktor ESG berdasarkan pasar modal terkemuka, studi peraturan, hingga pedoman pelaporan respon terhadap perubahan iklim yang diadopsi dari Task Force on Climate related Financial Disclosures (TCFD) dan Carbon Disclosure Project (CDP). 

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi tolok ukur dari komitmen dan langkah korporasi dalam mempraktikkan ESG di unit bisnisnya. Hal ini juga menjadi upaya dalam membantu pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE).

“Penerbitan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) membantu kami untuk mengukur capaian-capain perusahaan, terutama dari perspektif ESG. Pelaporan ini juga menjadi kompas agar kami senantiasa selaras dan dapat berkontribusi pada upaya pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca secara nasional,” ujar Direktur Utama PT ABM Investama Tbk (ABMM), Andi Djajanegara dalam keterangan tertulisnya.

Melalui inisiatif ini, sambung Andi, perusahaan berupaya untuk meyakinkan stakeholder bahwa praktik ESG senantiasa dilaksanakan guna meningkatkan daya tahan ekosistem bisnis Grup ABM dalam menghadapi risiko perubahan iklim dan geopolitik global. 

Di samping itu, langkah ini sekaligus menjadi komitmen perusahaan untuk memperlihatkan konsistensi penerapan Good Corporate Governance sebagai bentuk tanggung jawab kepada publik.

Komitmen PT ABM Investama Tbk (ABMM) tak hanya ditunjukkan melalui laporan keberlanjutan yang dirilis setiap tahun. Sebagai perusahaan investasi energi terintegrasi, perusahaan telah mengembangkan bisnis pembangkit listrik energi baru dan terbarukan tenaga biogas yang memanfaatkan limbah cangkang kelapa sawit sebagai salah satu inisiatif adaptasi perubahan iklim. 

Pembangkit listrik ini secara konsisten sejak 2020 telah menyuplai energi bersih ke jalur elektrifikasi nasional jaringan Kalimantan Selatan - Tengah yang dikelola oleh PT PLN (Persero). 

Di aspek sosial, perusahaan secara konsisten mengelola program-program pemberdayaan masyarakat yang tepat guna. Di antaranya pemberdayaan perempuan penggiat batik tenun Sasirangan khas Kalimantan; pelatihan profesional mekanik, operator, dan teknisi las bersertifikasi BNSP; pembentukan Kelompok Tani Hutan untuk merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehabilitasi DAS); program anti tengkes balita (anti stunting); serta konservasi bakau (mangrove) berbasis masyarakat pesisir. 

NASIONAL
GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:04

PT PLN (Persero) bertekad untuk memenuhi kebutuhan listrik ramah lingkungan bagi sektor industri di Indonesia melalui layanan Green Energy as a Service (GEAS).

HIBURAN
Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Mau Jadi Komika? Yuk Ikut Kelas Stand Up Comedy Gratis di Kota Tangerang

Rabu, 17 Juli 2024 | 12:53

Bagi warga Kota Tangerang yang ingin menjadi komika, kini dapat mengikuti kelas Stand Up Comedy secara gratis.

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

TANGSEL
Pemkot Tangsel Bakal Naikkan Anggaran Bedah Rumah Jadi Rp75 Juta Per Unit

Pemkot Tangsel Bakal Naikkan Anggaran Bedah Rumah Jadi Rp75 Juta Per Unit

Jumat, 19 Juli 2024 | 23:12

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menegaskan komitmennya untuk menaikkan anggaran Program Bedah Rumah di tahun 2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill