Connect With Us

Konsisten Laksanakan ESG, ABMM Raih Predikat Leadership AAA Selama 3 Tahun Berturut-turut

Tim TangerangNews.com | Jumat, 1 Desember 2023 | 03:12

Salah satu kegiatan environment, social, and governance yang diselenggarakan PT ABM Investama Tbk. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com - PT ABM Investama Tbk (ABMM) kembali dianugerahi predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023.

Penghargaan ini merupakan kali ketiga yang diraih perusahaan atas konsistensinya mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) terutama dalam hal Environment, Social, & Governance (ESG) melalui melalui Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang terbuka untuk publik.

Diinisiasi oleh Investortrust dan Bumi Global Karbon (BGK) Foundation, perusahaan yang masuk jajaran ESG Disclosure Transparency Award 2023 telah melewati beragam penilaian menggunakan 33 faktor ESG berdasarkan pasar modal terkemuka, studi peraturan, hingga pedoman pelaporan respon terhadap perubahan iklim yang diadopsi dari Task Force on Climate related Financial Disclosures (TCFD) dan Carbon Disclosure Project (CDP). 

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi tolok ukur dari komitmen dan langkah korporasi dalam mempraktikkan ESG di unit bisnisnya. Hal ini juga menjadi upaya dalam membantu pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE).

“Penerbitan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) membantu kami untuk mengukur capaian-capain perusahaan, terutama dari perspektif ESG. Pelaporan ini juga menjadi kompas agar kami senantiasa selaras dan dapat berkontribusi pada upaya pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca secara nasional,” ujar Direktur Utama PT ABM Investama Tbk (ABMM), Andi Djajanegara dalam keterangan tertulisnya.

Melalui inisiatif ini, sambung Andi, perusahaan berupaya untuk meyakinkan stakeholder bahwa praktik ESG senantiasa dilaksanakan guna meningkatkan daya tahan ekosistem bisnis Grup ABM dalam menghadapi risiko perubahan iklim dan geopolitik global. 

Di samping itu, langkah ini sekaligus menjadi komitmen perusahaan untuk memperlihatkan konsistensi penerapan Good Corporate Governance sebagai bentuk tanggung jawab kepada publik.

Komitmen PT ABM Investama Tbk (ABMM) tak hanya ditunjukkan melalui laporan keberlanjutan yang dirilis setiap tahun. Sebagai perusahaan investasi energi terintegrasi, perusahaan telah mengembangkan bisnis pembangkit listrik energi baru dan terbarukan tenaga biogas yang memanfaatkan limbah cangkang kelapa sawit sebagai salah satu inisiatif adaptasi perubahan iklim. 

Pembangkit listrik ini secara konsisten sejak 2020 telah menyuplai energi bersih ke jalur elektrifikasi nasional jaringan Kalimantan Selatan - Tengah yang dikelola oleh PT PLN (Persero). 

Di aspek sosial, perusahaan secara konsisten mengelola program-program pemberdayaan masyarakat yang tepat guna. Di antaranya pemberdayaan perempuan penggiat batik tenun Sasirangan khas Kalimantan; pelatihan profesional mekanik, operator, dan teknisi las bersertifikasi BNSP; pembentukan Kelompok Tani Hutan untuk merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehabilitasi DAS); program anti tengkes balita (anti stunting); serta konservasi bakau (mangrove) berbasis masyarakat pesisir. 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill