Connect With Us

Warga Tangerang, Mari Hindari Stress dengan Work-Life Balance

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 24 September 2022 | 16:42

Ilustrasi kerja. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Tangerang merupakan daerah berjuluk kota seribu industri dan sejuta jasa, yang tentu wilayah ini banyak dimukim para pekerja.

Saat ini, keseimbangan kerja dan kehidupan atau work-life balance merupakan topik hangat yang sedang dibicarakan para karyawan muda.

Memang, memahami work-life balance sangat penting bagi para pekerja, karena ada sejumlah manfaat jika menerapkan keseimbangan antara kerja dengan kehidupan. 

Work-life balance adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga dan tanggung jawab lainnya.

Kondisi tersebut membantu agar tidak terjadi konflik antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Sederhananya, ini adalah suatu kondisi di mana seorang pekerja bisa mengatur waktu dan energi yang seimbang antara pekerjaan, kebutuhan pribadi, rekreasi, dan kehidupan berkeluarga.

Berikut manfaat menerapkan work-life balance:

1. Produktivitas kerja meningkat

Satu hal yang penting ialah hidup yang menjadi lebih teratur dengan memisahkan antara waktu bekerja dan waktu untuk kehidupan pribadi. Sebab, bila bekerja secara berlebihan justru akan menyebabkan tubuh menjadi kelelahan sehingga menyebabkan jatuh sakit dan justru akan mengganggu pekerjaan di kemudian hari.

Tentunya, dengan kondisi fisik yang baik akan meningkatkan produktivitas karena menjadi lebih fokus, kreatif dan mampu memberikan performa terbaik.

2. Stress/burnout berkurang

Kebanyakan karyawan seringkali mengalami stress, apabila ini terus diacuhkan, maka akan menyebabkan burnout atau kelelahan secara terus menerus. Akibatnya produktivitas kerja tentu saja akan menurun, dengan menerapkan work-life balance, tingkat stress dapat dikurangi.

3. Fisik dan mental menjadi lebih sehat

Dengan menerapkan work-life balance, secara fisik dan mental akan menjadi lebih sehat, karena memiliki waktu untuk kehidupan pribadi, seperti beraktivitas bersama keluarga, olahraga, bermain gim, atau apapun yang dapat membuat bahagia.

4. Bersosial yang baik dengan teman

Waktu yang didapat dari work-life balance dapat digunakan untuk berkumpul atau bersosialisasi dengan teman. Menurut Psychology Today, bersosialisasi dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan meningkatkan hubungan sosial menjadi lebih baik.

Demikian beberapa manfaat yang didapat bila menerapkan work-life balance, tentunya hal ini memerlukan kemampuan manajemen waktu yang baik agar segalanya tetap seimbang.

AYO! TANGERANG CERDAS
9.176 Calon Siswa Belum Verifikasi Pra-PPDB 2024 di Kota Tangerang

9.176 Calon Siswa Belum Verifikasi Pra-PPDB 2024 di Kota Tangerang

Selasa, 21 Mei 2024 | 11:38

Sebanyak 9.176 calon siswa belum melakukan verifikasi Pra-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD di Kota Tangerang tahun ajaran 2024/2025.

BANTEN
Proyek Tol Serang-Panimbang Sesi 2 Banten Ditarget Selesai Desember 2024

Proyek Tol Serang-Panimbang Sesi 2 Banten Ditarget Selesai Desember 2024

Kamis, 23 Mei 2024 | 22:27

Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Serang-Panimbang Sesi 2 di Provinsi Banten ditargetkan selesai pada Desember 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Alasan JKT48 Tendang Jeane Victoria dari Grup, Diduga Langgar Aturan

Alasan JKT48 Tendang Jeane Victoria dari Grup, Diduga Langgar Aturan

Kamis, 23 Mei 2024 | 13:00

Grup idol JKT48 resmi mengeluarkan Jeane Victoria dari member lantaran kedapatan diduga berfoto mesra dengan seorang pria.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill