Connect With Us

Jangan Pakai Pinjol Ilegal, 6 Cara Menabung untuk Beli Tiket Konser Coldplay

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 16 Mei 2023 | 08:10

Ilustrasi konser Coldplay (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Band ternama asal London, Inggris, Coldplay dijadwalkan bakal menggelar konser perdananya di Indonesia pada 15 November 2023 mendatang.

Konser yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SGBU) itu rupanya menimbulkan animo di kalangan masyarakat, khususnya generasi milenial dan Gen Z.

Adapun PK Entertainment selaku promotor konser telah merilis daftar harga tiket berdasarkan kategori, mulai dari Rp800 ribu hingga yang paling mahal mencapai Rp11 juta.

Melihat hal itu, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mewanti-wanti agar menghindari pinjaman online (Pinjol) ilegal.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sumarjono, lantaran pinjol resmi hanya dapat mengakses lokasi, mikrofon, dan kamera nasabah.

Sedangkan, pinjol ilegal cenderung menjangkau hingga ke akses kontak dan data pribadi hingga berpotensi meneror nasabah.

Mendapatkan tiket konser tanpa harus menggunakan pinjaman online adalah cara yang lebih bijaksana dan dapat membantu menghindari beban finansial yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menabung untuk membeli tiket konser tanpa pinjaman online:

1. Buat Rencana Anggaran

Langkah pertama adalah membuat rencana anggaran yang realistis. Tinjau keuangan Anda dan identifikasi pengeluaran yang tidak perlu. Buatlah daftar pengeluaran bulanan Anda, termasuk tagihan rutin dan kebutuhan penting seperti makanan, transportasi, dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan melakukan ini, Anda dapat melihat berapa jumlah uang yang dapat Anda sisihkan setiap bulan untuk menabung.

2. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Selanjutnya, cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Tinjau kembali kebiasaan belanja Anda dan identifikasi area di mana Anda bisa menghemat uang. Misalnya, mungkin Anda dapat mengurangi frekuensi makan di luar atau menghindari pembelian impulsif yang tidak diperlukan. Dengan mengurangi pengeluaran ini, Anda dapat memiliki lebih banyak uang untuk ditabung.

3. Tetapkan Target Waktu

Tentukan target waktu untuk mencapai jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli tiket konser. Jika konsernya masih beberapa bulan atau bahkan setahun lagi, Anda memiliki waktu yang cukup untuk menabung dengan cara yang konsisten. Tetapkan jumlah uang yang ingin Anda tabung setiap bulan dan patuhi rencana anggaran yang telah Anda buat.

4. Pisahkan Uang Tabungan

Buatlah rekening tabungan terpisah untuk uang tiket konser Anda. Ini akan membantu Anda memisahkan uang tabungan dengan uang lainnya dan memastikan bahwa Anda tidak menggunakannya untuk keperluan lain. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan tabungan dengan bunga yang menguntungkan agar uang Anda berkembang lebih cepat.

5. Cari Cara Menghasilkan Uang Tambahan

Jika Anda ingin mempercepat proses menabung, pertimbangkan untuk mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan. Anda dapat melihat peluang sampingan seperti menjual barang yang tidak terpakai, mengambil pekerjaan lepas, atau mengikuti proyek-proyek yang dapat membantu meningkatkan penghasilan Anda.

6. Memanfaatkan Diskon atau Penawaran Khusus

Jika memungkinkan, tunggu diskon atau penawaran khusus untuk tiket konser yang Anda inginkan. Pihak penyelenggara seringkali menawarkan harga tiket lebih murah pada periode tertentu atau dalam promo-promo khusus. Dengan bersabar dan memanfaatkan kesempatan ini, Anda dapat menghemat uang dan mencapai tujuan Anda tanpa harus meminjam.

Demikian beberapa tips menabung untuk mendapat tiket konser tanpa perlu terlibat pinjol. Semoga sukses!

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill