Connect With Us

Ada 918 Bacaleg dari 18 Parpol yang Daftar di KPU Kabupaten Tangerang

Dimas Wisnu Saputra | Senin, 15 Mei 2023 | 17:04

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zainal Abidin menyampaikan jumlah bacaleg DPRD yang mendaftar di Pemilu 2024, Senin 25 Mei 2023. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang telah menerima berkas pendaftaran sebanyak 918 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD dari 18 parpol pada Pemilu 2024. 

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zainal Abidin mengatakan, jumlah tersebut merupakan peserta yang didaftarkan parpol sampai hari terakhir pendaftaran pada Minggu 14 Mei 2023.

Dari seluruh pengajuan tersebut, sementara telah memenuhi syarat pengajuan dan kelengkapan administrasi pendaftaran bacaleg, termasuk keterwakilan minimal 30 persen bacaleg perempuan pada Pemilu 2024.

"Ini statusnya masih bakal caleg, karena kita belum melakukan verifikasi untuk menjadi DCS (daftar calon sementara) pemilu. Semuanya parpol mendaftar itu keterwakilan perempuan di atas 30 persen. Rata-rata memang terpenuhi kuota minimal. Walaupun nanti mungkin saja ada perbaikan diverifikasi," katanya.

Adapun dari 18 parpol yang sudah menyerahkan berkas pengajuan bacaleg itu, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Buruh dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora). 

Ia menyebutkan, untuk tahapan selanjutnya pada 15 Mei 2023, KPU Kabupaten Tangerang akan melakukan tahapan verifikasi seluruh dokumen persyaratan bakal caleg dari 18 parpol tersebut. 

"Ada di dapil 1 dan 3 dengan jumlah kursi disetiap dapil itu 10 kursi, sesuai dengan jumlah kursi yang ditetapkan KPU RI. Paling sedikit ada di dapil 6 dengan ketersedian kursi 8, karena jumlah penduduknya lebih sedikit dari pada jumlah wilayah lain," ujar dia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill