Connect With Us

Ratusan Kades Tuntut Realisasi UU Desa

| Kamis, 12 Januari 2012 | 16:42

Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Tangerang Sutra Wijaya (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Ratusan Kepala Desa dari Kabupaten tangerang, Serang dan Pandeglang, yang tergabung dalam oranisais Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara menggelar aksi demo di Lapangan Pertamina, Jalan raya Serang, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/1). Mereka menuntut
Pemerintah Pusat segra merealisasikan Undang-undang (UU) Desa yang diwacanakan sejak 2007 lalu.

Menurut koordinator aksi demo yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Tangerang Sutra Wijaya, dalam UU Desa yang kini tengah di godong di Pemerintah Pusat, diantaranya mengatur anggaran tiap dana desa sebesar 10 persen dari APBN atau sebesar Rp 1,2 Miliar.

“Kondisi desa sekarang baru mendapatkan 1,3 persen dari APBN. Padahal mayoritas 70 persen masyarakat Indonesia bertempat tinggal di pedesaan. Tentu saja anggaran tersebut kurang untuk  membangun desa,”katanya.

Sutra menambahkan, dengan anggaran Rp 1,2 miliar tiap desa, maka akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur yang relatif dan merata, membiayaai pengelolaan potensi kekayaan alam di desa, menekan laju urbanisasi, mengurangi kesenjangan
aspek apapun antara kota dan desa.

“Namun saat ini desa selalu di anak tirikan. Pemerintah ahanya memperhatikan kawasan kota. Laju pembangunan disana lebih pesat daripada di desa,” ungkapnya.

Selain itu, mereka juga menuntut kepada pemerintah untuk membebankan pembiayaan pemilihan kepala desa kepada APBD. “Pemilihan kepada desa itu sama dengan Wali kota bupati dan presiden, dipilih langsung oleh masyarakat. tapi dalam pemilihan desa, menggunakan anggaran kepala
desa sendiri,” tutur Sutra.

Jika pemerintah tidak memenuhi tuntutan mereka, maka demo akan terus melakukan aksi dan mengancam akan memblokir pintu Tol Bitung.(RAZ)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
Kembali Jabat Pj Gubernur, Al Muktabar Janji Sejahterakan Warga Banten

Kembali Jabat Pj Gubernur, Al Muktabar Janji Sejahterakan Warga Banten

Jumat, 17 Mei 2024 | 19:18

Al Muktabar kembali dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten, beberapa hari setelah ia menjadi Pelaksana Harian (Plh).

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill