Connect With Us

Rp1 Miliar Siap Berantas TBC

| Sabtu, 21 Februari 2009 | 16:44

TANGERANGNEWS-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menganggarkan Rp1 miliar untuk memberantas penyakit tuberculosis atau yang dikenal dengan TBC pada 2009 ini. Jumlah tersebut merupakan anggaran terbesar jika dibandingkan penanganan penyakit yang lain. Seperti DBD Rp500 juta, Kaki Gajah (filariasis) Rp900 juta dan AIDS Rp200 juta. 


Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Tangerang Yully Soenar Dewanti mengatakan, total anggaran yang disiapkan Dinkes sebesar Rp 2,6 miliar.” TBC, Kaki Gajah, DBD, dan AIDS merupakan penyakit yang paling banyak diderita warga Kabupaten Tangerang. Setiap tahun jumlahnya selalu bertambah. Yang tertinggi adalah TBC dan Kaki Gajah,” kata Yully Sabtu (21/02).

Mantan Kepala Puskesmas Pamulang tersebut mengatakan, jumlah penderita TBC mencapai 2.715 orang, Kaki Gajah 121 orang, HIV/AIDS 800 orang. Angka-angka tersebut sudah tidak dapat ditolerir lagi. “Trendnya wilayah penyebaran pun tersebut meningkat setiap tahun,” ucapnya. cPenyebaran kasus filariasis telah ditemukan pada 17 desa di 13 kecamatan. Itu bukti, kata dia,  perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah daerah.

Diakui Yully, penyebaran keempat penyakit tersebut lebih cepat dari perkiraannya. Sehingga beberapa kecamatan telah masuk dalam daerah rawan penyebaran. Karena dipicu berbagai faktor yang mendukungnya.

Menurut Yully, besarnya anggaran yang dikucurkan tidak menjadi patokan program tersebut akan berhasil menkan jumlah penderita. Keterlibatan sejumlah pelaku kesahatan lainnya pun harus digiatkan. Agar targetnya dapat tercapai optimal.

“Penanganan kasus TBC banyak ditangani rumah sakit swasta. Beberapa tindakan medisnya kerap tidak memenuhi standar yang diatur pemerintah. Akibatnya penderita tidak mengalami kesembuhan secara total. Karena pasien tidak berobat dengan teratur,” contohnya. Yulli menegaskan, Dinkes akan melakukan koordinasi kembali dengan rumah sakit swasta dalam penanganan TBC. “Tujuannya penuntasan TBC secara lebih baik,” tandasnya. (mg)

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KOTA TANGERANG
Ada Layanan Curhat ke Psikolog Gratis di Kota Tangerang 

Ada Layanan Curhat ke Psikolog Gratis di Kota Tangerang 

Jumat, 3 Mei 2024 | 12:39

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang menyediakan layanan konseling bersama konselor atau psikolog secara gratis.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill