Connect With Us

Pemkab Tangerang Bedah 81.400 Rumah Kumuh di Enam Kecamatan

| Rabu, 13 Juni 2012 | 17:17

Hermansyah. (tangerangnews / dira)

 
 
TANGERANG-Pemerintah Kabupaten Tangerang akan merenovasi sebanyak 81.400 rumah kumuh yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang. Renovasi rumah kumuh tersebut dilaksanakan melalui program Gerakan bersama rakyat mengatasi padat kumuh dan miskin (Gebrak Pakumis) menggunakan APBD tahun 2012 sebesar Rp 4 milIar.
 
Kepala Bapeda Kabupaten Tangerang Edy Junaidi mengatakan berdasarkan data Statistik Kabupaten Tangerang bahwa jumlah rumah kumuh ada 81.400 buah. Ini tersebar di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. Untuk itu Kabupaten Tangerang lewat program Pakumis akan meningkatkan kualitas dan pembangunan baru bagi rumah kumuh.

Dari jumlah 81.400 rumah kumuh tersebut, pada tahun 2012 ini Pemerintah Kabupaten Tangerang terlebih dahulu akan membangun 1.052 rumah kumuh. Untuk tahap pertama rumah yang akan dibangun sebanyak 523 rumah kumuh dari anggaran APBD 2012 dan Anggaran Biaya Tambahan 2012 sebanyak 529 rumah kumuh. Sementara rumah kumuh yang belum dibangun akan di bangun tahun selanjutnya dan juga menggunakan program bantuan stimulan perumahan swadaya.

Pembangunan rumah kumuh tahap pertama ini akan di bangun di 6 kecamatan, yaitu kecamatan Kresek di Desa Koper, Desa Pasir Ampo dan Desa Kemuning. Kecamatan Jayanti di Desa Pabuaran dan Desa Dangder. Sedangkan di Kecamatan Sukamulya di Desa Kubang dan Desa Buniayu. Kecamatan Mekar Baru di Desa Kosambi Dalam dan Desa Gandaria. Kecamatan Pakuhaji akan di bangun di Desa Suara Bambu.

“Untuk pembangunan kawasan rumah kumuh ini, dana stimulannya lima juta rupiah untuk pemabngunan perbaikan dan stimulan pembangunan baru rumah kumuh nilainya 10 juta rupiah. Pembangunan ini menggunakan kelompok swadaya masyarakat sebanyak 45 kelompok,” ujar Edy Junaidi yang ditemui usai rapat kerja pemantapan TKPK dan pelaksanaan Gebrak Pakumis, di ruang Parakan, Selasa (12/6).

Masih penjelasan Edy Junaidi, gerakan Pakumis ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk mengentaskan kemiskinan, integrasi pembangunan secara menyeluruh yang dilaksanakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Tangerang.

Sekda  Kabupaten Tangerang Hermasnyah mengaku upaya mengatasi kemiskinan ini merupakan sudah komitmen Bupati Tangerang, banyak program yang telah dilaksanakan sejak Pak Ismet Iskandar memimpin Kabupaten Tangerang sejak tahun 2003 yang lalu.

Seperti program PNPM replikasi, PNPM mandiri, dana Bos, bantuan kemiskinan, bantuan guru ngaji dan masih banyak yang lainnya. Dalam hal ini, Bapeda juga telah banyak membuat program dan konsep dalam mengatasi kemiskinan dengan program Pakumis ini.

“Saya juga harapkan kepada Sarjana Pendamping Pembangunan Pedesaan atau SP3 bisa membantu dalam menjalankan program Pakumis ini. Keikut sertaan Sarjana ini akan banyak membantu dalam kegiatan yang dilaksanakan program Pakumis,” ujar Hermansyah. (DRA)

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill