Connect With Us

PD Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Merevitalisasi Pasar Tradisional

| Minggu, 1 Juli 2012 | 11:38

Bupati Tangerang Ismet Iskandar. (tangerangnews / adv humas)

 
 
TANGERANG-Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui PD Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang melakaukan Revitalisasi sejumlah pasar Tradisional yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang. Kebijakan ini diambil untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dan para pelaku usaha serta investor yang akan menanamkan modalnya.
 
Langkah proses Revitalisasi pasar tradisional bermula pada tahun 2009, Direksi dan Badan pengawas Niaga Kerta Raharja melakukan Inspeksi ke pasar-pasar tradisional termasuk Pasar Kelapa Dua. Hasil Inspeksi tersebut disimpulkan pasar tradisional harus dirubah karena kurang layak untuk dijadikan sebagai tempat transaksi jual beli, karena menimbulkan ketidak nyamanan yang berakibat kepada fungsi pasar tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Selanjutnya melakukan sosialisasi kepada para pedagang tentang keadaan Pasar dan rencana revitalisasi. Dari hasil sosialisasi tersebut sebagian besar pedagang menerima rencana revitalisasi. Direksi meminta persetujuan kepada Badan pengawas untuk rencana revitalisasi. Badan pengawas memberikan persetujuan dengan surat Nomor 539/01-BP.Pd.P.

Pasar tradisional yang sudah dilakukan direvitalisasi dengan investasi murni dari pihak ketiga yaitu : Pasar Serpong                      Rp. 32.015.699.365,-, Pasar Bojongnangka Rp.   9.407.332.673,-, Pasar Bintaro Mas Rp. 13.808.000.000,- Pasar Kelapa Dua Rp. 46.688.000.000,- (Jumlah           :Rp. 101.919.032.038). Sedangkan Pasar yang sedang proses revitalisasi yaitu : Pasar Sentiong Balaraja      Rp. 2.074.000.000,-,Pasar Jombang Rp. 20.875.500.000,- (Jumlah      : Rp. 101.919.032.038) dan Total Investasi Rp.154.868.500.000.

Direktur Utama PD Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Deddy Supriadi mengatakan salah satu pasar tradisional yang sudah dilakukan direvitalisasi yaitu Pasar Kelapa Dua. Pembangunan pasar Kelapa Dua ini dimulai sejak tahun 2009.

 Untuk Revitalisasi pembangunan pasar Kelapa Dua ini PD Pasar melakukan berkerjasama dengan PT Bangunbina Primasarana dengan jangka waktu pembangunan selama 2 tahun dan pemasaran 3 tahun.

Pasar Kelapa Dua ini semula memiliki ruang dagang lebih kurang 431 menjadi 797 ruang
dagang. Dengan banyaknya ruang dagang tersebut terbuka lebar buat masyarakat Kabupaten Tangerang untuk melaksanakan usahanya. Ruang dagang pasar Kelapa Dua terdiri dari Kios berjumlah 436 unit, counter berjumlah 92 unit, los berjumlah 269 unit, los berjumlah 269 unit. Sedangkan fasilitas penunjang pasar ada Mushollah, Mck, Gedung Serba Guna (GSG), pos jaga, dan fasilitas olah raga.

“Pasar tradisional yang telah dilakukan revitilisasi yaitu Pasar Tradisional Serpong, Pasar Bojongangka, Pasar Bintaro Mas dan Pasar Kelapa Dua. Dengan dilakukan revitalisasi pasar tradisional menjadi pasar sehat moderen seperti ini image pasar tradisional yang kotor, kumuh, becek dan bauh akan hilang. Pasar tradisional yang telah direvitilisasi terlihat seperti pasar moderen dan sangat baik untuk transaksi jual beli,” ucap Deddy.

Direktur Utama PT Bangunbina Primasarana Ir Yodin Susanto mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tangerang H Ismet Iskandar yang mecanangkan Pasar Kelapa Dua akan dijadikan pasar sehat. Tentu dengan di tetapkan Pasar Kelapa Dua sebagai Pasar Sehat Kabupaten Tangerang akan banyak menarik minat pedagang dan masyarakat untuk berbelanja secara nyaman .

“Pasar Kelapa Dua ini memang dirancang sebagai konsep pasar modern. Pasar yang sangat layak untuk transaski jual beli. Kami sudah mengelompokan Pasar kelapa Dua ini. Lantai I transaski basa, lantai II untuk kebutuhan sekunder dan makanan disebelah timur,” ucap Yodin

Bupati Tangerang H Ismet Iskandar mengucapkan terimakasih kepada PD Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yang telah melakukan revitalisasi pasar tradisional. Langkah ini merupakan langkah maju untuk memberikan kenyamanan semua pihak. Pembangunan pasar yang bagus akan memberikan kenyamanan baik pengusaha dan konsumen yang datang berbelanja.

Pembangunan Pasar Kelapa Dua diharapkan dapat dikembangkan menjadi salah satu contoh pasar sehat di Kabupaten Tangerang yaitu pasar yang baik dalam pengelolaan kebersihan lingkungannya, pengelolaan sampah hewan-hewan potong dan sehat dalam produk-produk yang dijual dan tidak menggunkan bahan-bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat

“Hal tersebut sejalan dengan Peraturan menteri Kesehatan Republik Indonesia terkait pasar sehat. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada PD Pasar Niaga Kerta Raharja yang terus berupaya menarik para pengembang dalam peremejaan pasar tradisional milik pemerintah Kabupaten Tangerang,” ujar H Ismet Iskandar.

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui PD Pasar selalu berupaya untuk terus melakukan peremajaan pasar-pasar tradisional agar pasar-pasar yang ada menjadi lebih tertata sehingga akan banyak menarik konsumen, pedagang dan para pelaku usaha kecil yang ada dapat mempertahankan serta mengembangkan usahannya.


“Pembangunan pasar Kelapa Dua sejak tahun 2009 dan sudah mulai beroprasi sejak tahun 2011 yang lalu. Pasar ini merupakan salah satu contoh peremajaan pasar tradisional yang ditata dengan konsep pasar moderen dan ternyata hasilnya sangat baik dan sangat tertata rapih dibandingkan dengan sebelumnya. Saya juga ucapkan terima kasih kepada PT Bangunbina Primasarana yang telah membangun Pasar Kelapa Dua ini,” ucap Ismet Iskandar. (Adv Humas dan Protokol)
 
WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill