Connect With Us

DPRD Kota Tangerang Sesalkan Sikap Ratu Atut

Dira Derby | Kamis, 19 Desember 2013 | 03:50

Rapat Paripurna Istimewa (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

 

TANGERANG-Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah akhirnya membatalkan dirinya untuk melantik wali kota dan wakil wali kota Tangerang terpilih periode 2013-2018, Arief R Wismansyah-Sachrudin. Pelantikan yang sejatinya digelar pada Rabu (18/12) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB kembali batal untuk kedua kalinya pasca telah diterbitkannya Surat Kuasa (SK) dari Kemendagri, karena Atut tidak muncul. Ketua DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine menyatakan, pihaknya sangat menyesali sikap Gubernur Banten yang tidak menghargai rakyat Kota Tangerang.

"Menurut perwakilan protokoler gubernur, dia tak bisa hadir, tetapi mendadak. Tak ada alasan apa-apa, begitu saja. Ini kan seperti main-main, kita sudah cocokin waktu, sudah sebar undangan. Persoalan pribadi dia, tak bisa kita pahami," katanya.

Menurut Herry, atas pembatalan tersebut yang dirugikan tidak hanya pihaknya yang sudah bersusah payah menggelar rapat paripurna istimewa, tetapi juga warga Kota Tangerang yang ingin segera adanya teroboson pembangunan dari wali kota terpilih. “Ini kan persoalan satu jam saja. Semestinya, dia datang saja, walau hanya sebentar,” ujar Herry.

Namun, meski kembali gagal menggelar pelantikan Arief R Wismansyah –Sachrudin, DPRD Kota Tangerang tetap menggelar rapat paripurna istimewa. Paripurna tersebut tampak dihadiri dua mantan wali kota Tangerang, Muhammad Thamrin dan Zakaria Mahmud. Sedangkan Wahidin Halim tak nampak.

"Rapat ini terkait dengan pembatalan pelantikan, kami melalui paripurna terbuka ini akan menjelaskan tahapan rencana pelantikan," katanya. Menurut Herry, berawal Senin 9 Desember 2013, pihaknya mendapat informasi bahwa Surat Kuasa (SK) di Kemendagri sudah ditandatangani. Kemudian Rabu 11 Desember 2013, staf dari DPRD dan Pemkot Tangerang berusaha mengambil SK tersebut. "Karena dari Pemerintah Provinsi Banten tak ada yang hadir saat itu. ‎ Lalu, Kamis 12 Desember 2013, Kemendagri menghubungi Pemerintah Provinsi Banten untuk meng-ambil SK tersebut," kata Herry.

DPRD Kota Tangerang pun menjadwalkan pelantikan akan digelar Minggu 15 Desember 2013 setelah sebelumnya gubernur meminta kapan saja dia bisa. “Tetapi Minggu pun ditunda. Gubernur minta hari Senin. Namun, kami kan tidak bisa seperti itu, harus menggelar Bamus (Badan Musyawarah) lagi,” katanya. Dalam Bamus yang digelar DPRD Kota Tangerang dengan menyertai koordinasi dengan pihak Provinsi Banten, DPRD Kota Tangerang kembali menetapkan jadwal, yakni Rabu (18/12). “Pihak provinsi katanya sudah siap. Sampai kemarin (Selasa) sore, protokoler dari provinsi mengikuti gladi resik. Malam hari dikabarkan pertelepon tak bisa hadir. Baru pagi hari ada surat resminya melalui fax, bahwa gubernur tak bisa hadir," katanya.

Karena sikap gubernur yang seperti itu, pihaknya memutuskan akan langsung melayangkan surat ke Kemendagri. "Hari ini juga (kemarin) kami melayangkan surat ke Kemendagri agar mengambil alih pelaksanaan pelantikan wali kota dan wakil wali kota periode 2013-2018. Kami sangat kecewa, saya rasakan masyarakat pun sama. Kami mohon maaf, meski ini bukan salah kami," katanya.

Sementara itu, Arief R Wismanyah yang hadir bersama Sachrudin mengakui dirinya kecewa dengan ketidakhadiran Atut untuk melantiknya.

“Kami berharap ibu gubernur bersikap negarawan, tapi dengan dengan kondisi ini semua masyarakat dapat menilai sendiri kenegarawan ibu menyikapi masalah,” kata Arief. Arief sangat menyayangkan dengan sikap Gubernur Banten, pasalnya gagalnya pelantikan pasti akan berpengaruh besar bagi roda pemerintahan di Kota Tangerang.“ Inikan urusan kemaslahatan masyarakat banyak, harusnya Gubernur dapat mementingkan masyarakat,” ucapya. Apalagi kata Arief pembatalan pelantikannya itu tanpa alasan yang jelas. (ADV)
HIBURAN
Konser X di Serpong Tangsel Bakal Hadirkan Tipe-X dan NDX AKA, Ini Harga Tiketnya

Konser X di Serpong Tangsel Bakal Hadirkan Tipe-X dan NDX AKA, Ini Harga Tiketnya

Senin, 20 Mei 2024 | 16:46

TE Entertainment akan menggelar ajang pertunjukan musik bertajuk Konser X pada tanggal 13 September 2024 mendatang.

SPORT
Jelang POPDA XI Banten 2024, 394 Atlet Kota Tangerang Jalani Tes Fisik

Jelang POPDA XI Banten 2024, 394 Atlet Kota Tangerang Jalani Tes Fisik

Senin, 20 Mei 2024 | 17:29

Jelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus melakukan persiapan secara matang seperti melakukan tes fisik terhadap 394 atlet kontingen Kota Tangerang.

TANGSEL
Pimpin Apel Harkitnas, Wali Kota Tangsel Ajak ASN Doakan Korban Pesawat Jatuh di BSD

Pimpin Apel Harkitnas, Wali Kota Tangsel Ajak ASN Doakan Korban Pesawat Jatuh di BSD

Senin, 20 Mei 2024 | 17:20

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangsel untuk mendoakan korban jatuhnya pesawat latih di Lapangan Sunburst, BSD, pada Minggu 19 Mei 2024, kemarin.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill