Connect With Us

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih Pertahankan Keberhasilan Pembangunan

Dira Derby | Minggu, 22 Desember 2013 | 10:36

Arief-Sachrudin saat melakukan jumpa pers di MK (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANG -Segudang keberhasilan telah ditorehkan Pemerintah Kota Tangerang. Selama tahun 2013 saja misalnya, sedikitnya ada sembilan keberhasilan pembangunan yang mendapat apresiasi pemerintah pusat. Masyarakat kota berharap agar walikota dan wakil walikota terpilih, Arief R Wismansyah dan Sachrudin, dapat mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan pembangunan tersebut.
 
Berbagai prestasi yang diraih Pemerintah Kota Tangerang selama tahun 2013 tak terlepas dari kebijakan yang memprioritas pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat mulai dari pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi penggerak utama roda ekonomi di Kota Tangerang, sampai pemenuhan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat kota.
 
Belum lagi kebijakan di bidang lingkungan hidup, dimana Pemerintah Kota Tangerang selama beberapa tahun terakhir telah mengembangkan pembangunan berbasis ramah lingkungan, mulai dari pelaksanaan program sekolah adiwiyata hingga pengelolaan sampah.
 
Tujuan Pemerintah Kota Tangerang terus menggalakan program adiwiyata ini adalah guna menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah semenjak dini terhadap kebersihan dan keindahan lingkungnnya, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
 
Program pembangunan berbasi lingkungan dari Pemerintah Kota Tangerang juga terlihat dari adanya program 1000 Bank Sampah. Dimotori oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan dalam program ini ditargetkan untuk tahun 2012 akan terbangun sebanyak 120 bank sampah sedangkan 2013 ditargetkan sebanyak 500 bank sampah dan untuk 2014 ditargetkan sebanyak 1000 bank sampah. Program 1000 bank sampah juga mempunyai mekanisme yang merupakan penerapan konsep reduce, reuse, recycle (3R) sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.
 
Hal lain terkait TPA rawa Kucing misalnya. TPA ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan sampah saja, tetapi Pemerintah Kota Tangerang mengupayakan untuk memanfaatkan sampah-sampah yang ada di TPA ini menjadi lebih bermanfaat. Misalnya dengan menghasilkan kompos maupun gas metan. Saat ini gas metan yang dihasilkan dari TPA Rawa Kucing sudah mencapai 2.500 watt perhari nya dan akan terus ditingkatkan agar masyarakat sekitar TPA Rawa Kucing dapat memanfaatkannya untuk keperluan memasak ataupun penerangan.
 
Selain menghasilkan gas metan, TPA Rawa Kucing juga menghasilkan kompos, setiap harinya kompos yang dapat diolah sebanyak 48 meter kubik dan setelah melalui proses dan ditimbun di tempat penampungan kompos dapat menghasilkan 24 meter kubik siap pakai. Masyarakat dapat menikmati kompos ini secara cuma-cuma atau gratis.
 
Kalau melihat program dan kebijakan di bidang lingkungan hidup tersebut, tidak mengherankan jika Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan Anugerah Piala Adipura Kencana sebagai Kota Metropolitan terbersih tingkat nasional pada 10 Juni  2013 lalu.
 
Belum lagi program peningkatan pelayan publik melalui pembangunan system informasi pelayanan public yang terintegrasi, dimana Pemerintah Kota Tangerang telah dianggap mampu membangun dan mewujdkan Pengembangan Sisitem Digital dalam Pelayanan Publik sehingga Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan penghargaan Indoensia Digital Sosiety Award (IDSA).
 
Keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang tentunya tidak berhenti disitu saja. Pada tahun 2013 Pemerintah Kota Tangerang juga mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke enam kalinya selama berturut-turut atas pengelolaan keuangannya. Serta prestasi lain seperti Inovasi Manajemen Perkotaan dan Kinerja Pemerintah Terbaik berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
 
Tentunya berbagai keberhasilan pembangunan daerah yang telah dicapai selama tahun 2013 merupakan upaya bersama dari seluruh pemangku kepentingan di Kota Tangerang, guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik menuju Kota Tangerang yang berakhlakul karimah.
 
Sejumlah masyarakat berharap agar segudang keberhasilan tersebut tetap dipertahankan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang terpilih yakni Arief R Wismansyah dan Sachrudin.
 
Terkait masalah pendidikan misalnya, Ketua PAUD Dahlia di Kelurahan Buaran Indah, Esti Rohanie meminta agar pasangan ini dapat membuat terobosan baru di bidang pendidikan.
 
Dia mencontohkan, bila sebelumnya banyak gedung sekolah dibangun bagus, SPP gratis, buku paket gratis, dan buku LKS gratis, maka bisa dilanjutkan dengan kegiatan les bahasa inggris dan ilmu komputer secara gratis bagi anak-anak SD.
 
Berberda dengan Bambang Pardoko. Ketua BKM Kecamatan Periuk ini berharap pasangan walikota-wakil walikota baru bisa menuntaskan persoalan banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Periuk. Seperti mengupayakan solusi tepat untuk meminimalisir terjadinya banjir di Perumahan Total, Periuk Damai, Gebang Raya, dan sekitarnya.(adv)
PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill