Connect With Us

Segel Tutup Air Kemasan dari Pemulung

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 13 Februari 2014 | 19:49

Tutup air galon merk Aqua (Rangga / TangerangNews)

TANGERANG-Aparat Reskrim Polresta Tangerang mengungkap pemalsuan air isi ulang galon merk Aqua di Kampung Jaha, RT 2/3, Kelurahan Malangnengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang menggunakan tutup segel dari pemulung.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Siswo Yuwono mengatakan bahwa pelaku yang sudah beroperasi selama empat bulan ini tidak memiliki izin usaha dari pemerintah dan pemilik merk Aqua.

"Pelaku dalam menjalankan usahanya tidak punya izin dan tidak memenuhi standart produksi. Dia gunakan dua tabung filter bekas yang digunakan untuk menyuling air, sementara tutup segel galonnya dapat dari pemulung," katanya, Kamis (13/2).

Menurut Siswo, modus pelaku memproduksi air isi ulang palsu merk Aqua tersebut yakni air mentah yang dipesan dari PT Tirta Wahana Prima dikirim dengan truk tangki. Lalu air tersebut ditampung di tangki berkapasitas 8000 liter.

"Selanjutnya air dialirkan ke dua tangki filter melewati sinar ultra violet. Setelah melewati proses penyaringan, air dimasukan ke dalam galon lalu ditutup dengan tutup plastik bertuliskan Aqua," katanya.

Air galon tersebut didistribusikan ke rumah pelanggan atau ke toko kelontong di wilayah Kabupaten Tangerang. Pelaku mematok harga sebesar Rp 11.500, lebih murah dari air galon Aqua asli yang sebesar Rp 14.000.

"Air ini tidak diproduksi sesuai standart. Dampaknya kita tidak tahu terhadap masyarakat," ujar Siswo.

Dikatakan Siswo, terungkapnya produksi air tersebut berawal dri informasi masyarakat. Pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut dan akan memanggil pihak pemilik merk Aqua.

"Tutup segel galon ini asli. Kenapa bisa mudah beredar dan bahkan bisa didapat dari pemulung, nanti kita selidiki lebih jauh," pungkasnya.

Tersangka AU mengaku menjalankan usaha tersebut dengan inisatif sendiri. Dengan modal Rp 7 juta dia bisa mendapat dua tabung filter air dan sekarung tutup segel.

"Saya beli tutup segel dari pemulung Rp 6.500 per kg. Tutup segel saya pasang sendiri secara manual. Sehari bisa produksi 50 galon," ujarnya.
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pemprov Banten Sediakan Doorprize Buat Penonton

Senin, 29 April 2024 | 19:50

Pemerintah Provinsi Banten turut menggelar nonton bersama (nobar) laga semi final Piala Asia U-23, antara Timnas Indonesia kontra Uzbekistan, Senin 29 April 2024, malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill