Connect With Us

SMK Khusus di Lapas Mulai Berjalan

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 12 Mei 2014 | 18:39

Ilustrasi Lapas Anak Tangerang (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANG-Setelah mendapat izin operasional dari Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BP2MPT) Kota Tangerang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Pria Kelas II A Tangerang mulai berjalan.

Kepala BP2MPT Kota Tangerang Karsidi mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan izin SMK Khusus bagi anak didik lapas tersebut sejak tiga minggu yang lalu. SMK tersebut menggunakan ruang yang sudah ada di Lapas.

"Ruangan memanfaatkan bangunan lama, jadi izin peruntukannya untuk kegiatan belajar. Sudah saya teken tiga minggu yang lalu," katanya, Senin (12/5).

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Anak Pria Kelas II A Tangerang M Rizal Fuadi mengatakan SMK Khusus di lapas sudah berjalan satu tahun, namun baru tahap uji coba. SMK tersebut akan dikembangkan karena permintaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI M Nuh.

"Pak Menteri minta Lapas juga mengajarkan kejuruan, jadi mulai diurus izin operasionalnya, supaya nanti bisa dikembangkan," jelasnya.

Saat ini, SMK Khusus Lapas Anak Pria Tangerang baru membuka jurusan otomotif roda dua. Jumlah anak didik lapas yang belajar di SMK tersebut sekitar 30 orang. Kurikulum yang diberikan, menurutnya sama dengan SMK formal lainnya. Namun gurunya sendiri khusus dari pegawai lapas.

"Saat ini baru ada satu angkatan, tahun ajaran 2014 ini akan ditambah angkatan baru," jelasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemendikbud M Nuh meminta agar Lapas Anak Pria Tangerang membangun SMK. Ia berharap, dengan adanya kehadiran SMK di lapas, anak-anak binaan bisa memiliki keterampilan dan mendapatkan ijazah formal, sehingga bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya atau untuk mendapatkan pekerjaan setelah kembali ke masyarakat.
 
 
KOTA TANGERANG
PLN Teken MoU dengan Polda Metro Jaya Soal Pengamanan Instalasi Tenaga Listrik 

PLN Teken MoU dengan Polda Metro Jaya Soal Pengamanan Instalasi Tenaga Listrik 

Selasa, 7 Mei 2024 | 20:40

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill