Connect With Us

Dinsos Tangerang Waspadai Pengemis Musiman

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 29 Juni 2014 | 19:57

Pengemis Tangerang terjaring Razia (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

TANGERANG-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang memperketat pengawasan terhadap keberadaan gelendangan dan pengemis (gepeng) musiman yang kerap kali marak di tepian jalan-jalan protokol serta pusat keramaian saat ramadhan dan menjelang  lebaran.
 
"Tak hanya gepeng, kita pun akan memperketat keberadaan komplotan yang kerapkali mengedrop gepeng dan anak jalanan di Kota Tangerang," kata Sekertaris Dinsos Kota Tangerang Mulyanto, Minggu (29/6).
 
Dijelaskannya, intensifikasi operasi terhadap gepeng dan anjal dilakukan bekerjasama dengan Satpol PP Kota Tangerang. Operasi dilakukan rutin, tak hanya di pusat Kota Tangerang saja, namun hingga ke wilayah perbatasan Kota Tangerang.
 
"Bagi gepeng yang terjaring, akan dibina oleh Dinsos dengan mendapatkan pembinaa, melalui pelatihan keterampilan di panti rehabilitasi di Bekasi Jawa Barat," terang Mulyanto.
 
Adapun pengendalian terhadap gepeng dan anjal, sudah teratur dalam Perda No.5/2012 tentang pembinaan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan pengamen. Sanksinya bagi gepeng yang berkeliaran di Kota Tangerang mendapatkan kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 500 ribu.
 
“Sementara sanksi bagi pemberi uang, dapatkan kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 5 juta. Sedangkan, sanksi pengeksploitasi anak jalanan, gelandangan, pengemis untuk mengamen di jalan umum sanksinya kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta,” tukasnya.
 
Kepala Satpol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana membenarkan jika jumlah gepeng kerap meningkat dari hari-hari biasa untuk memanfaatkan moment tersebut sebagai sumber rezeki.

“Gepeng tersebut banyak berasal dari luar Kota Tangerang,” ungkapnya.  Menurut Mumung, keberadaan gepeng sangat meresahkan karena menganggu ketertiban umum. Untuk itu, pihaknya akan mengintensifkan razia gepeng dengan mengadakan operasi 24 jam setiap harinya.
 
 
HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill