Connect With Us

‘Jangan datang ke Kota Tangerang Tanpa Surat Pindah’

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 5 Agustus 2014 | 17:40

Penumpang Arus Balik Bandara Soekarno-Hatta Mulai Ramai (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Pemerintah Kota (Pemkot)  Tangerang tidak akan melakuan operasi yustisi yang berguna untuk menjaring pendatang yang tidak memiliki dokumen kependudukan di wilayah setempat.

"Operasi yustisi tidak akan (dilakukan razia),  itu kan hak mereka sebagai warga Indonesia , apalagi yang  membawa surat pindah, kita tidak boleh menolaknya," jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Erlan Sutarlan, Selasa (5/8).

Menurut Erlan, tingkat kepadatan penduduk Kota Tangerang saat ini tidak terlalu tinggi. Dari luas wilayah Kota Tangerang sekitar 17.000 km persegi, jumlah penduduknya baru sekitar 1,6 juta. "Tidak terlalu padat seperi ibu kota," katanya.

Namun Erlan mengaku, pihaknya  tidak bisa memprediksi jumlah pendatang yang masuk ke-Kota Tangerang pasca libur lebaran.
Jika berdasarkan data Disdukcapil, pendatang yang mengurus surat pindah sejak Senin (4/8) kemarin, baru sekitar 20-30 orang.

"Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding sebelum lebaran yang mencapai 100 orang per hari. Mungkin karena pelayanan kita baru buka Senin kemarin. Tapi kalau untuk pendatang yang tidak mengurus surat izin, kita tidak tahu," katanya.

Meski tidak melarang pendatang pindah ke Kota Tangerang, Erlan menghimbau agar mereka membawa surat izin pindah resmi dari Dinas Kependudukan tempat asal karena berkaitan dengan administrasi kependudukan.

"Jadi jangan (menetap) ke Kota Tangerang tanpa membawa surat pindah, nanti kalau mau buat KTP atau KK tidak akan kita layani," jelasnya.
 
SPORT
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas Indonesia Masih Berpeluang Lolos Olimpiade Paris 2024

Dikalahkan Uzbekistan, Timnas Indonesia Masih Berpeluang Lolos Olimpiade Paris 2024

Selasa, 30 April 2024 | 06:47

Tim nasional (Timnas) U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan 0-2 dari Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin, 29 April 2024.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill