Connect With Us

Pembangunan Turab Kali Angke, Nerogtog dan Petir Cair

Rangga Agung Zuliansyah, Advertorial | Minggu, 30 November 2014 | 18:01

Penuraban Kali Sabi Kota Tangerang (Dira Derby / TangerangNews)

 
TANGERANG-Sebanyak 50 bidang lahan milik warga di Kelurahan Nerogtog, Kecamatan Pinang dan Kelurahan Petir , Kecamatan Cipondoh, telah dibebaskan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Dari 50 bidang lahan tersebut, total dana yang cair dibayarkan sebanyak Rp22 miliar dengan rincian Rp7 miliar untuk di Kelurahan Petir dan Rp14 miliar di Kelurahan Nerogtog.
 
Kepala Dinas Tata Kota Tangerang Dafyar Eliyadi mengatakan, pihaknya terus melakukan pembebasan lahan secara bertahap untuk normalisasi Kali Angke yang merupakan program pemerintah pusat.
Dari total 400 bidang lahan yang terkenda proyek tersebut, 50 bidang diantaranya telah dibebaskan.
 
“Setelah kelengkapan berkas kepemilikan tanah warga sudah diverifikasi oleh Badan Pertanahan Negara (BPN), tanah langsung dibayar lunas. Pembayaran dilakukan melalui Bank BJB. Jadi warga diberikan buku tabungan dan kartu debit, sehingga tinggal mengambilnya di Bank,” jelasnya.
 
Menurut Dafyar, selain membayar dengan uang, Pemkot juga menawarkan pembayaran tanah dalam bentuk lain.
 
Hal itu terlebuih dahulu harus melalui musyawaran kesepakatan bentuk pembayaran.
“Misalnya untuk satu bidang tanah seharga Rp 500 juta, warga maunya dibayar apa? Uang, barang atau rumah, nanti kita ganti,” jelasnya.
 
Dafyar menambahkan, pihaknya masih terus melakukan pembebasan lahan. Dia menargetkan sampai akhir tahun 2014, sudah sekitar 40 hingga 50 persen yang dibebaskan. “Prosentase itu sama dengan 200 bidang. Saat ini lahan yang lainnya masih dalam proses pembebasan,” jelasnya.
 
Dijelaskannya, normalisasi Kali Angke merupakan proyek yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat untuk menanggulangi permasalahan banjir di sejumlah wilayah Kota Tangerang yang diakibatkan dari meluapnya Kali Angke.
 
Total alokasi dana pembebasan lahan proyek ini sebesar Rp 210 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang. Sedangkan yang melakukan proses penurapan dan juga pengerukan Kali Angke adalah Kementerian Pekerjaan Umum dengan alokasi anggaran sebesar Rp 642 miliar.
 
Adapun total lahan yang harus dibebaskan sekitar 18 hektare yang mencakup 10 kelurahan, diantaranya Kelurahan Gondrong, Kelurahan Petir, kelurahan Pondok Bahar, Kelurahan Parung Jaya, Kelurahan Pedurenan, Kelurahan Sudamara Pinang, Kelurahan Pinang, Kleurahan Neroktog, Kelurahan Tajur, Kelurahan Sudimara Selatan. (ADV)
 
 
KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill