Connect With Us

Pemkot Tangerang Kaji Penerapan Gas Bumi Untuk Mobil Dinas

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 30 Januari 2015 | 17:38

Arief R Wismansyah (Tribunews / Tribunews)

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang menjadi salah satu dari tiga kota yang menjadi pilot project pengembangan infrastruktur gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Hal ini seiring dengan diresmikannya instalasi gas di Rumah Susun (Rusun) Manis Jaya.

"Bogor dan Tangerang menjadi wilayah sasaran," Ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dalam acara Peresmian Proyek-proyek Infrastruktur Gas Bumi di Stasiun Gas Panaran, Batam, (30/01).

Selain instalasi gas di Rusun Manis Jaya, Menteri ESDM juga meresmikan intalasi gas di Batam dan Bogor. Rusun Manis Jaya yang terletak di Jalan Bahari Kelurahan Manis Jaya, Jatiuwung menjadi titik awal pemasangan instalasi gas di Kota Tangerang. Rusun Manis Jaya yang terdiri dari 7 tower dan 350 kamar, dimana 336 kamar sudah terpasang instalasi pipa gas.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang ikut menghadiri acara tersebut mengharapkan agar instalasi pipa gas tersebut nantinya bisa juga menyasar daerah permukiman lain di Kota Tangerang. Mengingat harganya yang sangat terjangkau oleh masyarakat, bila dibandingkan dengan konvensional gas lain semacam LPG.

"Bisa saja nanti pengembang diwajibkan untuk melengkapi perumahannya dengan jaringan pipa gas. Penggunaan gas bumi juga sangat ramah lingkungan," imbuhnya.

Arief juga menjelaskan bahwa pihaknya juga sedang mengkaji untuk menggunakan bahan bakar gas pada mobil dinas pemerintah Kota Tangerang.
"Untuk percobaan bisa mobil dinas saya nanti. Untuk pengisiannya bisa pakai truk kontainer yang berfungsi sebagai Mobile Refueilling Unit," paparnya.

Manajer PGN Area Tangerang Lebinner Sinaga mengatakan, gas bumi merupakan salah satu bahan mineral yang banyak dihasilkan oleh Indonesia, namun selama ini gas bumi masih terbatas digunakan di kalangan dunia industri.

"Sehingga dengan makin terbatasnya pasokan energi baik itu energi listrik maupun bbm maka diharapkan masyarakat bisa beralih ke energi gas bumi. Karena selain lebih murah, dan ramah lingkungan, gas bumi juga tidak berbahaya. Untuk harga Rp 3100 per liter," Imbuhnya.
 
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill