Connect With Us

Kota Tangerang Wujudkan Kemudahan Berinteraksi dalam Sarana Transprotasi

Advertorial | Rabu, 8 Juni 2016 | 18:00

Wali Kota Tangerang Arief R Wissmansyah (baju putih) saat menunjukan transportasi massal Trans Kota Tangerang kepada wartawan. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com- Mewujudkan kemudahan warga Kota Tangerang berinteraksi keberbagai tujuan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam hal ini Dinas Perhubungan setempat,  terus berupaya menyediakan sarana transportasi bagi kebutuhan warga dengan konsep layaknya kendaraan pribadi. Dengan begitu, Kota Tangerang menjadi layak huni.  

Kepala Dishub Kota Tangerang Engkos Zarkasyi mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan penyediaan perhubungan melalui sarana transportasi umum. Saat ini terdapat angkutan umum kota (Angkot), Bus Rapid Transit (BRT), Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB), Trans Kota Tangerang, serta Kereta Api terdapat di Kota Tangerang.

Selain angkot yang sudah mampu melayani berbagai tujuan di Kota Tangerang, pihaknya pun kini tengah berupaya meningkatkan sarana angkutan umum menjadi angkutan massal. Tujuannya, untuk menciptakan kenyamanan bagi warga, sekaligus mengurangi kemacetan arus lalu lintas.

"Untuk angkutan umum massal, kita sudah memiliki angkutannya yang dinamakan dengan APTB yang menghubungkan antara Kota Tangerang dengan Provinsi DKI Jakarta," tutur Engkos.

Sementara Kepala Bidang Angkutan Umum pada Dishub Kota Tangerang, Ismu Hartono memaparkan,  ada empat trayek APTB di Kota Tangerang saat ini ;  antara lain yakni trayek Terminal Poris Plawad menuju Kemayoran, ada trayek dari Terminal Poris Plawad menuju Pulogadung, ada trayek Terminal Poris Plawad ke Terminal Kalideres, serta trayek terusan dari Terminal Poris Plawad ke Taman Anggrek.

"Dengan APTB ini warga semakin dimudahkan menjangkau sejumlah lokasi di kawasan DKI Jakarta. Sehingga lebih enak bepergian dengan APTB. Apalagi kendarannya dibuat senyaman mungkin bagi penumpang," ujar Ismu.

Ismu menegaskan, bahwa Dishub Kota Tangerang sejak tahun 2015 pun menyiapkan Trans Kota Tangerang yang tahun ini rencananya siap diluncurkan.

Trans Kota Tangerang atau akrab dikenal Bus Rapid Transit (BRT) adalah angkutan massal lokal yang hanya beroperasi di wilayah Kota Tangerang, pada tahap awal trayek ini disiapkan dari terminal Poris Plawad ke kawasan Kecamatan Jatiuwung.

Selain angkutan umum massal model bus, Kota Tangerang pun tersedia puluhan angkutan kota (angkot). Data Dishub Kota Tangerang menyebutkan jumlah angkutan umum yang beroperasi sebanyak 23 trayek angkot dengan jumlah kendaraan sebanyak 3.196 kendaraan.

Selain itu, di Kota Tangerang terdapat Kereta Api Listrik (KRL) yang lokasi stasiunnya berada tak jauh dari kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang, serta yang terkenal adalah keberadaan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah saat pengecekan kondisi BRT menyampaikan, agar dengan terealisasinya Trans Kota Tangerang ini semoga dapat mengurangi angka kemacetan yang ada di Kota Tangerang, mengingat jumlah volume kendaraan pribadi yang setiap tahunnya bertambah di Kota Tangerang.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang mau membantu pemerintah dengan ikut beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan massal, seperti Trans Kota Tangetang atau APTB.   "Semua program pemerintah akan sukses bila masyarakatnya mau ikut terlibat di dalamnya," jelasnya.

 

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill