Connect With Us

Si Tante Akan Berikan Informasi Taman Publik di Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 16 Juni 2016 | 15:41

Taman Potret dibangun untuk melengkapi taman yang ada di Kota Tangerang (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang tengah mengembangkan aplikasi berbasis web dan Android bernama Sistem Informasi Taman Tematik (Si Tante) untuk mengenalkan taman-taman yang ada di Kota bertajuk Akhlakul Karimah tersebut kepada masyarakat.

Kepala DKP Ivan Yudianto mengatakan, aplikasi ini nantinya bisa diakses masyarakat melalui smartphone atau website untuk mencari informasi tentang taman beserta lokasinya.

"Jadi kita kan punya banyak taman yang temanya beda-beda. Mungkin masyarakat belum tahu dan ingin ke sana. Dengan dibantu oleh tenaga-tenaga IT yang berada di dalam maupun di luar DKP, diharapkan aplikasi tersebut dapat membantu mayarakat dalam pengenalan taman tematik yang ada di Kota Tangerang," katanya, Kamis (16/6/2016).

Menurut Ivan, DKP terus melakukan pembangunan taman di 13 Kecamatan sebagai sarana publik dan memenuhi kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Saat ini ada sekitar 131 taman baik kategori taman lingkungan, taman pulau jalan, taman median jalan, taman hijau dan taman bantaran kali.

"Setiap taman diberi tema dan mempunyai fasilitas untuk mewadahi hobi dan aktifitas masyarakat Kota Tangerang," jelasnya.

Adapun taman tersebut diantaranya Taman Potret, Taman Eco Park, Taman Pintu Air 10, Taman Pokja, Taman Lalu Lintas, Taman Lampu Puspem dan Taman MUI.

Kepala Seksi Perencanaan Teknis Pertamanan DKP Kota Tangerang Dika Agus Hermaji mengatakan, selain menampilkan informasi taman dengan metode Scanning Barcode, aplikasi Si Tante juga dapat terintegrasi dengan Google Maps sehingga masyarakat dapat mengetahui, lokasi-lokasi taman yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Terdapat empat menu utama yang dapat dijalankan di dalamnya yakni menu Sitante yang nemuat daftar taman tematik yang berada di lingkungan Kota Tangerang. Scan untuk membuka informasi Taman Tematik dengan cara men-scan QR Barcode Sitante di Taman Tematik yang dikunjungi.

Kategori untuk informasi taman tematik berdasarkan pengkategorian taman yang berlaku di Republik Indonesia. Location untuk menunjukan informasi keberadaan taman yang terdekat dari lokasi anda berdiri.

"Namun aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini belum dapat diunduh di Play Store, karena masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Semoga ke depannya aplikasi yang dikembangkan  dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya," katanya.

 

 

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Senin, 29 April 2024 | 09:22

Bulan Mei 2024 akan diwarnai dengan sejumlah libur nasional dan cuti bersama.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KOTA TANGERANG
Renovasi Stadion Benteng Sampai Jadi Tuan Rumah Liga 3 Nasional, Arief Diapresiasi Warga

Renovasi Stadion Benteng Sampai Jadi Tuan Rumah Liga 3 Nasional, Arief Diapresiasi Warga

Senin, 29 April 2024 | 14:14

Upaya Arief R Wismansyah yang telah merenovasi Stadion Benteng saat menjabat Wali Kota Tangerang mendapat apresiasi dari masyarakat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill