Connect With Us

Yuk, Nobar Fenomena Super Moon di Masjid Al- Azhom

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 30 Januari 2018 | 18:00

BMKG Tangerang saat memantau Bulan, yang akan terjadi Fenomena Super Blue Blood Moon di halaman Masjid Al-A'zhom,Selasa (30/1/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com - Sebentar lagi, tepatnya pada Rabu (31/1/2018), Gerhana Bulan total yang sangat langka akan terjadi. Bulan akan menunjukkan tiga fenomena sekaligus yaitu supermoon, blue moon dan gerhana bulan yang dijuluki NASA sebagai fenomena super blue blood moon.

"Fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia tersebut muncul karena Matahari, Bumi dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tangerang Teguh Rahayu kepada TangerangNews.com, Selasa (30/1/2018).

BACA JUGA:

Rahayu mengatakan, fenomena langka yang terjadi setiap 152 tahun sekali ini bakal bisa disaksikan warga kota Tangerang secara bersama-sama. Karena, BMKG Tangerang bakal menggelar nonton bareng fenomena itu di halaman Masjid Al-A'zhom, Kota Tangerang.

"Jadi kita bakal Adain nonton bareng. Sudah pasang alat juga di halaman masjid. Terbuka untuk umum, siapapun boleh. Tujuannya saya mau lihat juga animo masyarakat mengenai fenomena ini," kata Rahayu.

Alat yang digunakan untuk nonton bareng di halaman Masjid Al-A'zhom, BMKG Tangerang telah menyiapkan satu teropong untuk yang ingin melihat fenomena lebih jelas. Kendati demikian, masyarakat juga bisa melihat fenomena itu dengan mata telanjang (tidak harus menggunakan teropong).

Menurut Rahayu, fenomena ini berdurasi sekitar 5 jam berpuncak pada pukul 20.31 WIB, Rabu (31/1/2018). Dan ini harus disaksikan oleh masyarakat Indonesia khususnya Tangerang. 

"Durasinya lama sekitar 5 jam dari penumbra awal sampai akhir. Dimulai pada pukul 17.00 - 03.00 WIB besok," ucap Rahayu.

Dipilihnya Masjid Raya Al - A'zhom untuk acara nonton bareng super blue blood moon juga lantaran merupakan titik keramaian di Kota Tangerang. Hal ini disampaikan oleh Kabag Kesra Pemkot Tangerang, Ayi Nuryadin. "Kami besok juga merencanakan shalat gerhana," ungkap Ayi.

Shalat berjamaah ini dilangsungkan di Masjid Raya Al - A'zhom. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah juga mengimbau agar masyarakat mengungkapkan rasa syukur kepada ilahi dengan adanya fenomena tersebut.

"Kepada seluruh warga Tangerang yang beragama Islam diimbau untuk melaksanakan shalat gerhana bulan di Masjid atau Mushola terdekat," paparnya.(RAZ/RGI)

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill