Connect With Us

178 TPS Pilkada Kota Tangerang Rawan, Begini Indikatornya

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 25 Juni 2018 | 13:00

Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Panwaslu memetakan dari 3.091 tempat pemilihan suara (TPS), 178 TPS di antaranya terbilang rawan dengan berbagai indikator saat Pilkada Kota Tangerang.

Menurut Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim menyebutkan berbagai indikator kerawanan itu, terdapat TPS yang berada di kawasan posko atau rumah tim sukses pasangan calon. 

"Lalu ada TPS yang terdapat pemilih di wilayah khusus misalnya daerah eksodus, daerah yang tidak terjangkau hunian vertikal (rusun dan apartemen), serta konflik wilayah administrasi," ucapnya, Senin (25/6/2018).

Selain itu indikator lainnya adalah pemilih yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Begitupula dengan indikator pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi terdaftar dalam DPT.

"Itu yang menjadi indikator dan pengawasan kami dalam pemetaan TPS yang berpotensi rawan pelanggaran," ujarnya.

Agus mengungkapkan, indikator mengenai aktor politik uang di wilayah TPS juga menjadi fokus pengawasan.

"Bisa saja di wilayah TPS tersebut ada bohir, ada cukongnya dan juga broker," ungkapnya.

Lalu, Agus bertutur ada indikator surat C6 yang tidak didistribusikan kepada pemilih di TPS serta indikator yang terdapat pemilih disabilitas.

Indikator TPS rawan pun terdapat jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di atas 20 pemilih pada satu TPS. Selain itu, indikator praktik pemberian uang atau barang, lalu ada indikator terdapat relawan pasangan calon di wilayah TPS.

"Dan yang terakhir ada indikator ketersediaan logistik di TPS, serta terdapat praktik mempengaruhi pemilih untuk memilih calon tertentu berdasarkan agama, ras dan golongan di sekitar TPS," paparnya.(RAZ/RGI)

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill