Connect With Us

Wow! Ternyata Kota Tangerang Punya 9 Motif Batik

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 2 Oktober 2018 | 19:00

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang kompak mengenakan batik. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Hari ini, 2 Oktober 2018 diperingati sebagai Hari Batik Nasional dan Internasional. Ternyata, Kota Tangerang mempunyai 9 motif batik khas untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan lokal.

9 motif Batik Tangerang tersebut di antaranya Tangerang Herang, Nyimas Melati, Perahu Naga, Akhlakul Karimah, Tari Cokek, Cisadane 1, Cisadane 2, Masjid Al Azom, dan Barongsai.

Namun sayang, dari 9 motif tersebut hanya lima motif batik Tangerang yang diproduksi massal dan dipasarkan. Lokasi produksinya pun hanya berada di kawasan Larangan, Kota Tangerang.

Padahal menurut Budayawan Tangerang Mukhafi Solihin, 9 motif batik tersebut bisa dimanfaatkan sebagai nilai ekonomis untuk meningkatkan penghasilan masyarakat.

Ia mencontohkan, dari batik bisa mengangkat perekonomian masyarakat  jika seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Tangerang diwajibkan memakai batik motif khas Tangerang ketika ada kegiatan yang mengharuskan meggunakan batik.

"Ini motif batik sudah jadi, pemerintah tidak mungkin mundur, diam ditempat juga tidak mungkin, langkahnya adalah harus maju dengan wajibkan PNS pakai batik demi perekonomian. Kan kebayang ada berapa ribu PNS di sini," ujarnya saat ditemui TangerangNews di bilangan Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, hanya sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa Kota Tangerang ternyata memiliki 9 motif batik. Selain itu, yang mengenakan motif batik khas ini juga terbilang minim.

"Motif batik digembar-gemborkan, apalagi ada hari batik. Dan pemerintah saja belum maksimal memberikan contoh memakai 9 motif batik. Jadi wajar kalau masyarakat tidak tahu," ucap pegiat kebudayaan yang kerap disapa Miing ini.

Ia menambahkan, demi mengenalkan 9 motif batik khas Kota Tangerang, pemerintah pun diharapkan tidak sungkan menggelar even yang bisa memberikan daya tarik masyarakat terhadap motif batik ini.

"Selain itu, harus berani bayar disainer besar untuk bikin fashion show dengan batik motif Tangerang," tandasnya.(MRI/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill