Connect With Us

2015, PDAM TB Targetkan 28.000 Sambungan

| Selasa, 12 Oktober 2010 | 18:26

Air Bersih PDAM (tangerangnews / dira)

 

TANGERANGNEWS-PDAM Tirta Benteng (TB) Kota tangerang menargetkan 82.000 sambungan dalam waktu lima tahun untuk melayani sebanyak 492.000 pelanggan. Rencana itu sudah tertuang dalam master plan dan corporate plan PDAM Tirta Benteng hingga 2015 mendatang.
 
Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Marju Kodri mengatakan, pemasangan sambungan dilakukans ecara bertahap. Untuk tahun ini, pihaknya tengah megejar target sebanyak 10.500 sambungan dan diharapkan akan selesai pada Desember 2010. “Sedangkan untuk tahun 2011 hingga 2015 yang diprioritaskan sebanyak 71.500 sambungan,” katanya saat ditemui dalam acara HUT PDAM Tirta Benteng ke 15, hari ini.
 
Kodri menambahkan, PDAM juga tengah mencoba memanfaatkan air bawah tanah sebagai sumber air. Daerah penampungan air bawah tanah yang telah menjadi  target PDAM adalah derah yang kerap mengalami banjir, seperti Kecamatan Jatiuwung dan Priuk.
 
“Kita melihat kemungkinan penampungan air bawah tanah di kawasan tersebut. Logikanya jika daerah tersebut banjir, berarti penyerapan tanahnya kurang sehingga air akan tertampung. Jika bisa dimanfatkan, banjr jiga bisa berkorang karena tersedot pipa Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM),” tambahnya.
 
Sementara total kebutuhan dana yang tercantum dalam corporate plan ini mencapai Rp 445 miliar. Dana itu akan diperoleh dari kas internal PDAM, APBD, APBN dan pinjaman bank.  "Pemerintah Kota Tangerang telah memperlihatkan upaya baik untuk menyertakan modal dalam pengembangan PDAM ke depan," papar Kodri.
 
Kodri juga mengharapkan, di HUT ke 15 PDAM Torta Benteng, kebutuhan air minum di Kota Tangerang dapat terlayani. Karena, pelayanan ini menjadi indikator penilaian kota sehat yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah daerah disamping bidang pembangunan lainnya.
 
Sementara Humas PDAM Tirta Benteng Ichsan Sodikin mengatakan, saat ini masyarakat kota Tangerang masih banyak kekurangan air bersih. Ada sebanyak 18 ribu pelanggan yang baru terlayani air bersih dengan hanya jumlah 6 persen. Sedangkan 84 persen masyarakat Kota Tangerang belum terlayanin air bersih. “Jika target 28.000 sambungan bisa terealisasi, itu bisa memenuhi kebutuan 10 persen masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya.(rangga)
 
OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KOTA TANGERANG
Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Siap-siap, Kota Tangerang Bakal Punya Wali Kota Baru dalam Sehari 

Jumat, 17 Mei 2024 | 14:23

Tangerang akan memiliki wali kota baru, yang hanya bertugas dalam sehari, tepatnya pada Senin, 20 Mei 2024 mendatang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill