Connect With Us

Eliminasi TBC, Puskesmas Sukasari Tangerang Gelar Bestiebi 

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 24 Maret 2022 | 14:28

Puskesmas Sukasari, Kecamatan Tangerang menggelar Bestiebi atau Bareng Sekolah Investasi untuk Eliminasi TBC Selamatkan Bangsa, dalam rangka memperingati hari Tuberculosis (TBC) se-dunia di SMP Negeri 4 Kota Tangerang, Kamis 24 Maret 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Puskesmas Sukasari, Kecamatan Tangerang menggelar Bestiebi atau Bareng Sekolah Investasi untuk Eliminasi TBC Selamatkan Bangsa, dalam rangka memperingati hari Tuberculosis (TBC) se-dunia di SMP Negeri 4 Kota Tangerang, Kamis 24 Maret 2022.

Puskesmas Sukasari pun melakukan kampanye edukasi terkait TBC, mulai dari pengenalan dan pencegahan penyakit TBC atau TB Paru, obat-obatan TBC, hingga mengajak para pelajar untuk melihat langsung bentuk virus TBC lewat mikroskop.

Kepala Puskesmas Sukasari dr Efi Handayani mengungkapkan, TBC merupakan penyakit infeksi yang mudah menyebar bahkan lewat tetesan kecil sekalipun, seperti batuk dan bersin.

“Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri cukup kurang. Padahal penyakit TBC atau TB Paru ini adalah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia," katanya.

Penyakit ini menyerang alat pernapasan manusia yaitu paru-paru sehingga jika tidak diantisipasi bisa fatal akibatnya. 

"Dengan itu, kita menggandeng para pelajar sebagai penerus bangsa, untuk mempelajari penyakit TBC ini secara lebih mendalam lagi,” ungkap dr Efi. 

Adapun setelah para pelajar mengetahui seputar TBC, bahaya kematiannya yang melebihi Covid-19 serta lamanya masa pengobatan, diharapkan para pelajar dapat menjadi agen informasi kesehatan untuk keluarga di rumahnya. 

“Bahwa ini bukan penyakit ringan, dengan itu bisa mengajak ibu bapak dan keluarga lainnya untuk tidak ragu memeriksakan diri jika mengalami sakit batuk dalam jangka panjang. Setidaknya lebih dari dua minggu diimbau untuk segera diperiksa di Puskesmas. Semua pelayanan, pemeriksaan hingga obat-obatan sampai sembuh gratis di Puskesmas Kota Tangerang,” tegasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill