Connect With Us

Diskorsing dan dapat SP3, Karyawan PT Cussons Mogok Kerja

| Selasa, 18 Januari 2011 | 14:22

Buruh pabrik Cussons mekakukan aksi demontrasi (tangerangnews / rangga)

 
 
TANGERANGNEWS-Ratusan karyawan PT PZ Cussons Indonesia melakukan aksi mogok kerja di halaman perusahaan yang terletak di Kawasan Industri Batu Ceper, Kelurahan Kebon Besar, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, Selasa (18/1/2011). Mereka memprotes pihak manajemen yang memberikan skorsing dan Surat Peringatan ke -3 kepada 47 karyawannya secara sepihak.

Aksi dilakukan dengan menggunakan pengeras suara dan spanduk-spanduk berisi tuntutan mereka. Dalam aksi tersebut, para karyawan perusahaan yang memproduksi sabun dan bedak bayi ini juga menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan pihak manajemen yang menindas karyawan.
 
Salah satu karyawan yang menjadi korban skorsing secara sepihak, Joko Arianto menjelaskan, kronologis skorsing tersebut berawal saat para karyawan meminta izin untuk cuti bersama selama 5 hari dari tanggal 27 Desember 2010 hingga 1 Januari 2011. Hal tersebut telah disepakati oleh pihak manajemen. Namun, pada saat karyawan kembali masuk bekerja, ke 47 karyawan yang juga anggota Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (Farkes R), malah diberikan surat SP 3 dan skorsing dengan alasan cuti tanpa izin.
 
“Cuti itu dilakukan sesuai kesepakatan, tapi kami malah diskorsing sehingga tidak bisa bekerja. Ini melanggar undang-undang ketenagakerjaan,” tegasnya.
 
Joko menilai, pemberian SP3 itu diindikasi sebagai upaya pihak perusahaan untuk memecat karyawan tetap dan menggantinya dengan karyawan kontrak. “Perusahaan hanya memberikan SP 3 kepada karyawan yang manjadi anggota Serikat Pekerja. Seeprtinya mereka juga ingin memberangus Serikat pekerja di perusahaan ini,” ungkapnya.
 
Sementara Itu, Ketua DPC Farkes R Kota Tangerang Slamet Rizki mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar pihak perusahaan mencabut SP 3 dan kembali mempekerjakan anggotanya. “Kita telah memproses hukum dengan melaporkan masalah ini ke Dinas Tenaga Kerja Kota Tanagerang dan DPR RI. Kita menginginkan agar mereka mencabut SP 3, namun proses hukum tetap berjalan,” terangnya.(RANGGA ZULIANSYAH)
 

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill