Connect With Us

Tingkatkan Kesenian, Disbudpar Tangerang Latih Sanggar

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 7 September 2022 | 21:27

Pelatihan manajemen sanggar Kota Tangerang. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang menggelar pelatihan manajemen sanggar secara gratis yang diikuti 50 penggiat sanggar se-Kota Tangerang di Gedung Aula Kantor Kecamatan Neglasari, Rabu, 7 September 2022.

Melalui pelatihan yang digelar selama dua hari ini, diharapkan dapat mendorong sanggar di Kota Tangerang untuk terus meningkatkan kualitas dan memenuhi standar usaha sanggar seni. Sehingga dapat berperan dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian di Kota Tangerang.

"Pelatihan ini memberikan pemahaman dan wawasan untuk seluruh sanggar agar dapat menjadi sanggar yang mandiri dan lebih baik dalam pengelolaan manajemen sanggar. Selain itu kita akan melakukan monitoring, bagaimana sanggar-sanggar yang mengikuti pelatihan, sejauh mana dapat mengimplementasikan materi-materi yang diberikan." ujar Nurkholis, Kasi Kesenian Disbudpar Kota Tangerang. 

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan ilmu terkait manajemen pengelolaan sanggar yang dipaparkan langsung oleh Suryandoro--pendiri Sanggar Swargaloka.

“Kami membahas tentang manajemen seni pertunjukan (sanggar) yang diharapkan sanggar-sanggar di Kota Tangerang lebih mandiri dan bisa berkembang menjadi industri ekonomi kreatif, tidak hanya tempat pelatihan yang menghasilkan karya-karya untuk bisa menghidupi seniman. Saya mengharapkan sanggar-sanggar disini bisa mengurus legalitas yang resmi dan memiliki visi misi dan tujuan yang jelas, sehingga bisa berdaya saing,” tutur Suryandoro. 

Para peserta mengaku pelatihan ini sangat penting untuk pelaku seni dan pengelola sanggar. Terlebih dapat mengupgrade tatanan pengelolaan sanggar yang sesuai dengan eranya. Selain itu juga menjadi silaturahmi antar sanggar di Kota Tangerang.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, sanggar-sanggar di Kota Tangerang bisa semakin baik lagi, apalagi tadi saya mendapatkan ilmu tentang keuangan, manajemen SDM dan pengelolaan sanggar,” ucap Mita, peserta dari sanggar Tari Larasati.

HIBURAN
Sering Bikin Halusinasi, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kecubung 

Sering Bikin Halusinasi, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kecubung 

Selasa, 9 Juli 2024 | 18:05

Penyalahgunaan kecubung sering terjadi karena karakter tanaman ini yang mampu menghasilkan efek halusinasi.

BANTEN
Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:26

Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1446 Hijriyah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengadakan Program Khitanan Sehat dengan tema “Muharram Berbagi untuk Generasi Berprestasi.”

MANCANEGARA
Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Senin, 8 Juli 2024 | 15:32

Kartun Upin & Ipin yang memiliki banyak penggemar di Indonesia disebut sebagai alat propaganda dari Negeri Jiran Malaysia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill