Connect With Us

Mengenal Masjid Al Furqon Bandara Soetta Tangerang yang Mirip Katedral di Rusia

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 31 Maret 2023 | 11:44

Masjid Al Furqon di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Kelurahan Pajang, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebuah bangunan masjid megah dan unik berdiri di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), tepatnya di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Kelurahan Pajang, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Bangunan itu ialah masjid Al Furqon atau juga dikenal dengan masjid Kubah Pelangi yang berfungsi sebagai sarana ibadah umat muslim di sekitar terminal kargo bandara Soekarno-Hatta.

Uniknya, masjid Al Furqon memiliki arsitektur yang tidak biasa dengan bentuk menyerupai bangunan khas Eropa Timur klasik.

Paduan warna yang ada di kubah masjid Al Furqon terinsirasi dari bangunan terkenal, yakni Katedral Santo Basil yang berada di Moskow, Rusia.

Bentuk kubahnya yang mengerucut dengan paduan berbagai warna membuat masjid berdiameter 32 x 36 meter hasil rancangan dari Haji Buyung ini terlihat mencolok seperti dilansir dari anugerahkubah.com, Jumat 31 Maret 2023.

Selain itu, masjid AL Furqon dilengkapi dengan empat kubah berwarna hijau dan kuning cerah yang berdiri di antara pepohonan rindang.

Tidak hanya disejajarkan dengan bangunan Katedral di Rusia, masjid Al Furqon seringkali disebut mirip dengan bangunan dari kisah terkenal negeri 1001 malam.

Sedangkan, arsitektur pada bagian dalamnya dihiasi dengan kaligrafi besar pada tiang penyangga dari masjid megah dua lantai tersebut.

Sentuhan khas Minang juga terlihat pada bagian empat menara, jendela, dan pintu kecil yang dirancang bergaya ala Melayu.

Lalu, langit-langit masjid terlukis bentangan awan sehingga makin membawa kesan megah pada bangunan masjid Al Furqon.

Meski bukan satu-satunya masjid di Bandara Soekarno-Hatta, tetapi masjid Al Furqon memiliki daya tarik tersendiri yang mengundang rasa penasaran orang-orang terhadap keunikan bangunannya.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill