Connect With Us

Dokter Tangerang Beri Tips Mengelola Gangguan Kecemasan Bagi Anak Muda

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 5 Oktober 2023 | 19:37

Ilustrasi remaja depresi (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Gangguan Kecemasan salah satu dari masalah kejiwaan, terutama pada pasien-pasien anak muda. 

Oleh karena itu, penting untuk memiliki kemampuan dalam mengelola kecemasan, sehingga dapat menghadapi berbagai kondisi secara rasional.

Spesialisasi kedokteran jiwa dari Rumah Sakit EMC Alam Sutera Tangerang dr. Andri, SpKJ, FAPM menjelaskan, gangguan kecemasan dapat dipengaruhi oleh sistem saraf pusat dan aliran darah.

"Saya ingin tekankan di sini adalah bagaimana kita bisa mengelola pikiran itu menjadi jauh lebih segera lebih stabil," ujar dokter Andri dikutip dari kanal YouTube Andri Psikosomatik pada Jumat, 06 Oktober 2023.

Menurut Andri, salah satu solusinya ialah penggunaan obat-obatan, meski hal ini seringkali dikhawatirkan lantaran memiliki potensi ketergantungan.

Kendati demikian, Andri menyebut pada kasus yang ringan hingga sedang, pasien masih dapat menggunakan obat dengan dosis kecil dan durasi singkat.

Lanjutnya, pasien memiliki peran dalam membantu dirinya sendiri, terutama dalam memahami cara kerja obat dan menerapkan cara-cara nonobat untuk mengelola kecemasan.

"Pemeriksaan fisik klinis yang berkaitan dengan gejala psikosomatik bisa menjadi salah satu cara untuk pasien bisa mampu mengelola pikirannya," terangnya.

Dokter Andri menyarankan untuk fokus pada hal-hal positif dan berkualitas. Setelah hasil pemeriksaan baik, pasien hendaknya mengarahkan pikirannya pada hal-hal yang membangun dan menghindari pemikiran negatif.

Terakhir, pasien diharapkan dapat melatih diri mereka sendiri dengan memastikan kondisi fisik baik, fokus pada pengelolaan pikiran dapat membawa dampak positif dalam pengelolaan gangguan kecemasan.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill