Connect With Us

Dokter Tangerang Ingatkan Jangan Diagnosa Diri Sendiri Soal Kesehatan Mental

Fahrul Dwi Putra | Senin, 11 September 2023 | 15:52

Ilustrasi remaja depresi (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Kesehatan mental merupakan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan psikis manusia, di antaranya depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri.

Isu kesehatan mental pun saat ini menjadi salah satu perhatian, khususnya generasi muda. Namun, sayangnya mereka kerap mendiagnosa dirinya sendiri hanya dengan membaca melalui internet atau media sosial.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti mengatakan, masyarakat disarankan tidak mendiagnosa diri sendiri perihal kesehatan mental tanpa ada pendampingan dari tenaga ahli.

"Jangan sampai mendiagnosa diri sendiri dengan gangguan kesehatan mental tertentu setelah hanya membaca dari internet. Segera datangi atau cari bantuan dari profesional yang memang ahlinya," ujarnya pada Senin, 11 September 2023.

Dokter O.U. Taty menyebut masyarakat tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mentalnya kepada tenaga kesehatan profesional yang ada di RSUD Kota Tangerang.

"Di RSUD Kota Tangerang, kami memiliki dokter spesialis kejiwaan atau psikiater yang siap membantu mengatasi kesehatan mental masyarakat Kota Tangerang," jelasnya.

Dia menyatakan, RSUD Kota Tangerang memiliki layanan Poli Jiwa dengan fasilitas cukup lengkap untuk menangani dan memeriksa masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Harapannya, masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan mental baik diri sendiri, keluarga, maupun kerabat terdekat lainnya. Menurutnya, kesehatan psikis tak kalah penting dengan kesehatan fisik.

"Kami tentu berharap, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental. Baik kesehatan fisik dan mental sama pentingnya," pungkasnya.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill