Connect With Us

Smart City Kota Tangerang Bikin Daerah Lain Kepincut, Arief: Kolaborasi Membangun Bangsa

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 24 November 2023 | 20:06

Penandatanganan kerja sama penerapan konsep smart city milik Kota Tangerang kepada Kota Gorontalo dan Kabupaten Banjar, di hotel Novotel, Kota Tangerang, pada Rabu, 22 November 2023. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Penerapan konsep smart city dalam sistem tata kelola pemerintahan di Kota Tangerang lagi-lagi menarik perhatian daerah lain.

Kini, giliran Kota Gorontalo dan Kabupaten Banjar turut mengadopsi aplikasi milik Kota Tangerang yang dinilai mampu meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di dua daerah tersebut.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyambut baik dan membuka pintu selebar-lebarnya bagi daerah lain yang ingin berkolaborasi dengan Kota Tangerang.

Pasalnya, Arief menyatakan bahwa Kota Tangerang mengusung semangat kolaborasi dan elaborasi dengan berbagai daerah lain untuk bersama-sama membangun bangsa.

Arief memaparkan, Kota Tangerang telah mengembangkan 208 aplikasi yang keseluruhannya terintegrasi ke dalam dua SuperApps, yakni Tangerang Live dan Tangerang Ayo.

Nantinya, kata Arief, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar cukup memanfaatkan aplikasi yang telah dikembangkan tersebut secara cuma-cuma.

"Hanya perlu beberapa penyesuaian untuk data-data di masing-masing daerah," terang Arief di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Rabu, 22 November 2023.

Sementara itu, Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengakui Kota Tangerang lebih maju terkait penerapan konsep smart city.

Bahkan, dirinya mendapat rekomendasi langsu dari Menpan RB untuk belajar mengenai manajemen ASN ke Kota Tangerang.

Dalam penerapannya, Taha menyebut pihaknya akan berfokus sistem dan tata kelola kepegawaian, serta sistem manajemen kontrol kinerja pegawai ASN yang terintegrasi seperti di Kota Tangerang.

"Kolaborasi yang kami lakukan dengan melihat inovasi yang ada di Kota Tangerang untuk diterapkan di Kota Gorontalo," katanya.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill