Connect With Us

Kota Tangerang Semakin Layak Huni Melalui Program Tangerang Terang dan Kampung Terang

Advertorial | Senin, 11 Desember 2023 | 18:25

Pemeliharaan lampu PJU di wilayah Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com-Sebagian besar jalan dan pemukiman di Kota Tangerang kini tidak lagi gelap gulita, berkat program Tangerang Terang dan Kampung Terang yang digulirkan sejak 10 tahun terakhir.

Program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ini menjadi salah satu yang ungulan selama dua periode kepemimpinan Wali Kota Tangerang Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachruin, dalam mewujudkan Kota Layak Huni.

Kampung Terang mencakup pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan yang lebarnya di bawah tiga meter dan dipasang di jalan kampung atau gang, dengan kekuatan lampu 30-40 watt.

Sedangkan Tangerang Terang mecakup penerangan di jalan protokol atau utama dengan variasi kekuatan lampu 120-250 watt.

Pemasangan PJU pada program Kampung Terang melibatkan peran serta masyarakat secara langsung melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Prosesnya, warga mengusulkan kepada pihak kelurahan dan kecamatan, selanjutnya direalisasikan oleh dinas terkait. 

Pada lima tahun pertama periode 2013-2018, tercatat Pemkot Tangerang sudah merealisasikan pemasangan 80 ribu PJU di 104 Kelurahan pada 13 Kecamatan. Jumlah itu bahkan melebihi target yang hanya 33.900 titik.

Program tersebut tersebut berkembang hingga secara total keseluruhan PJU yang ada pada tahun 2023 sebanyak 135 ribu titik.

"Jumlahnya terdiri dari 97 ribu untuk Kampung Terang dan 38 ribu untuk Tangerang Terang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Achmad Suhaely, Minggu 10 Desember 2023.

Bahkan progam ini mendapat dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan memberikan hibah PJU tenaga surya. Pada 2022 ada sebanyak 400 PJU yang diberikan dan jumlahnya meningkat pada 2023 menjadi 680 PJU. 

Program Kampung Terang dan Tangerang Terang tidak hanya soal pemasangan PJU, tapi juga pelayanan pengaduan dan pemeliharaan.

Bagi masyarakat yang JPU di wilayahnya padam telah disediakan tempat pelaporan melalui fitur Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) pada aplikasi Tangerang LIVE atau Command Center 112.

Selain itu, ada juga media sosial facebook PJU Kota Tangerang, twitter PJU Kota Tangerang serta akun Instagram @pjukotatangerang dan @dishubkabta sebagai tempat pengaduan.

Ratusan ribu PJU tersebut juga terus dipelihara agar bertahan lama. Pemkot melalui Dishub kerap menyiagakan 41 petugas dan 11 unit mobil PJU yang terdiri dari 9 unit sebagai armada petugas ke lapangan dan 2 unit cadangan.

"Layanan ini untuk mempermudah warga yang hendak melaporkan kendala PJU. Kami juga menyiagakan petugas piket untuk memantau kondisi lampu yang ada, untuk memastikan agar selalu dalam keadaan baik," tambah Suhaely.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, program Kampung Terang dan Tangerang Terang adalah bagian dari pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan mewujudkan rasa aman di lingkungan, khususnya saat malam hari.

Selain menekan terjadinya pencurian listrik yang kerap terjadi dengan alasan untuk penerangan jalan, program ini juga bagian dari upaya meminimalisir angka kecelakan dan kiminalitas karena kondisi gelap.

“Penerangan di pemukiman dan jalan akan membuat warga merasa aman dan nyaman, kini tidak ada lagi wilayah yang gelap gulita,” katanya.

KAB. TANGERANG
Warga Tangkap Maling Motor Setelah Mengejar dari Balaraja Sampai Cikande Serang

Warga Tangkap Maling Motor Setelah Mengejar dari Balaraja Sampai Cikande Serang

Jumat, 26 Juli 2024 | 16:07

TANGERANGNEWS.com-Seorang warga berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor yang beraksi di Kampung Talaga Asem, RT2/2, Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Sosialisasikan Pencalonan Kepala Daerah

KPU Kota Tangerang Sosialisasikan Pencalonan Kepala Daerah

Kamis, 25 Juli 2024 | 21:16

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyosialisasikan peraturan KPU tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Walikota dan Wakil Walikota Tangerang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

PROPERTI
Gen Z dan Milenial Jadi Pasar Potensial Properti Berkonsep ESG

Gen Z dan Milenial Jadi Pasar Potensial Properti Berkonsep ESG

Rabu, 24 Juli 2024 | 23:01

Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan konsep environmental, social, governance (ESG) sudah menjadi fokus pengembang properti di Tanah Air, seiring dengan tren konsumen yang mengarah kepada produk berkelanjutan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill