Connect With Us

Kota Tangerang Semakin Layak Huni Melalui Program Tangerang Terang dan Kampung Terang

Advertorial | Senin, 11 Desember 2023 | 18:25

Pemeliharaan lampu PJU di wilayah Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com-Sebagian besar jalan dan pemukiman di Kota Tangerang kini tidak lagi gelap gulita, berkat program Tangerang Terang dan Kampung Terang yang digulirkan sejak 10 tahun terakhir.

Program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ini menjadi salah satu yang ungulan selama dua periode kepemimpinan Wali Kota Tangerang Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachruin, dalam mewujudkan Kota Layak Huni.

Kampung Terang mencakup pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan yang lebarnya di bawah tiga meter dan dipasang di jalan kampung atau gang, dengan kekuatan lampu 30-40 watt.

Sedangkan Tangerang Terang mecakup penerangan di jalan protokol atau utama dengan variasi kekuatan lampu 120-250 watt.

Pemasangan PJU pada program Kampung Terang melibatkan peran serta masyarakat secara langsung melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Prosesnya, warga mengusulkan kepada pihak kelurahan dan kecamatan, selanjutnya direalisasikan oleh dinas terkait. 

Pada lima tahun pertama periode 2013-2018, tercatat Pemkot Tangerang sudah merealisasikan pemasangan 80 ribu PJU di 104 Kelurahan pada 13 Kecamatan. Jumlah itu bahkan melebihi target yang hanya 33.900 titik.

Program tersebut tersebut berkembang hingga secara total keseluruhan PJU yang ada pada tahun 2023 sebanyak 135 ribu titik.

"Jumlahnya terdiri dari 97 ribu untuk Kampung Terang dan 38 ribu untuk Tangerang Terang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Achmad Suhaely, Minggu 10 Desember 2023.

Bahkan progam ini mendapat dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan memberikan hibah PJU tenaga surya. Pada 2022 ada sebanyak 400 PJU yang diberikan dan jumlahnya meningkat pada 2023 menjadi 680 PJU. 

Program Kampung Terang dan Tangerang Terang tidak hanya soal pemasangan PJU, tapi juga pelayanan pengaduan dan pemeliharaan.

Bagi masyarakat yang JPU di wilayahnya padam telah disediakan tempat pelaporan melalui fitur Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) pada aplikasi Tangerang LIVE atau Command Center 112.

Selain itu, ada juga media sosial facebook PJU Kota Tangerang, twitter PJU Kota Tangerang serta akun Instagram @pjukotatangerang dan @dishubkabta sebagai tempat pengaduan.

Ratusan ribu PJU tersebut juga terus dipelihara agar bertahan lama. Pemkot melalui Dishub kerap menyiagakan 41 petugas dan 11 unit mobil PJU yang terdiri dari 9 unit sebagai armada petugas ke lapangan dan 2 unit cadangan.

"Layanan ini untuk mempermudah warga yang hendak melaporkan kendala PJU. Kami juga menyiagakan petugas piket untuk memantau kondisi lampu yang ada, untuk memastikan agar selalu dalam keadaan baik," tambah Suhaely.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, program Kampung Terang dan Tangerang Terang adalah bagian dari pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan mewujudkan rasa aman di lingkungan, khususnya saat malam hari.

Selain menekan terjadinya pencurian listrik yang kerap terjadi dengan alasan untuk penerangan jalan, program ini juga bagian dari upaya meminimalisir angka kecelakan dan kiminalitas karena kondisi gelap.

“Penerangan di pemukiman dan jalan akan membuat warga merasa aman dan nyaman, kini tidak ada lagi wilayah yang gelap gulita,” katanya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill