Connect With Us

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pedagang berjualan di bahu jalan Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Hal itu telah dibahas dalam rapat Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang bersama jajaran kepala Operasi Perangkat Daerah (OPD) pada Rabu, 17 April 2024, lalu.

Dalam rapat tersebut, keberadaan Pasar Sipon dinilai banyak dikeluhkan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

Sebab, badan dan bahu jalan digunakan sebagai lokasi berjualan para pedagang sekaligus adanya tempat pembuangan sampah ilegal di saluran irigasi Sipon.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah rencana jangka pendek, menengah, dan panjang terkait kondisi tersebut.

Salah satunya ialah merelokasi para pedagang sementara ke lokasi alternatif di Plaza Shinta Cimone selama proses penataan berlangsung.

Selain itu, Pemkot Tangerang akan menyiapkan tiga lokasi dengan total kapasitas 181 lapak, prioritaskan untuk pedagang basah dan sayuran, termasuk area dalam Pasar Sipon.

Nurdin menegaskan, pihak Pemkot Tangerang tidak akan mentolerir penggunaan bahu maupun badan jalan sebagai lokasi berjualan.

"Ke depan areanya akan ditata, mulai dari pemasangan pagar, taman hingga normalisasi saluran irigasi Sipon," kata Nurdin.

Ketua RT 01, RW 04, Cipondoh Subur Fauzi menyampaikan, warga sekitar mendorong pihak-pihak terkait untuk segera melakukan penataan terhadap Pasar Sipon.

Menurutnya, Pasar Sipon saat ini malah menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan, seperti kemacetan dan kurangnya kebersihan.

"Kemacetan dan keberadaan sampah-sampah basah dari lapak yang sering kali dibuang secara sembarang di saluran irigasi maupun bahu jalan begitu saja," ungkapnya pada Kamis, 18 April 2024

Fauzi meminta, Pemkot Tangerang menyediakan lokasi relokasi alternatif di sekitar Pasar Sipon. 

Pasalnya, sebagian besar para pedagang Pasar Sipon merupakan masyarakat asli di sekitar lingkungan tersebut

Saat ini, Pemkot Tangerang masih melakukan koordinasi lebih lanjut bersama pihak-pihak terkait penataan Pasar Sipon Cipondoh, Kota Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

HIBURAN
Kenapa Bulan Mei 2024 Terasa Sangat Lama? Begini Penjelasan Ahli

Kenapa Bulan Mei 2024 Terasa Sangat Lama? Begini Penjelasan Ahli

Senin, 27 Mei 2024 | 08:29

Banyak warganet di media sosial mengeluhkan bulan Mei 2024 terasa berjalan sangat lambat. Fenomena ini serupa seperti awal tahun 2024, yakni pada bulan Januari silam.

KOTA TANGERANG
Bacok Pemuda di Kreo Tangerang hingga Tewas, 2 Pelaku Tawuran Diciduk

Bacok Pemuda di Kreo Tangerang hingga Tewas, 2 Pelaku Tawuran Diciduk

Selasa, 28 Mei 2024 | 21:08

Polisi berhasil menangkap pelaku pembacokan terhadap ASS, 21, yang meninggal dunia dalam tawuran antar kelompok pemuda di Jalan Kejaksaan, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, pada Kamis, 23 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill