Connect With Us

Ambil Retribusi di Jalan, Terminal Ciledug Paling Tak Jelas

| Minggu, 18 September 2011 | 14:46

Angkot ngetem di CBD Ciledug. Hal ini merupakan pandangan biasa, Pemkot Tangerang sendiri mengaku menyerah dengan kondisi ini. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Retribusi adalah pungutan yang dikenakan atas jasa atau layanan yang  diberikan atau penggunaan atas kekayaan daerah. Salah satu jenis retribusi,  yaitu retribusi terminal. DPRD Kota Tangerang telah meminta daftar terminal yang ada di Kota Tangerang kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, hasilnya dari terminal yang ada, Terminal Ciledug merupakan terminal yang keberadaannya tidak jelas.
 
Namun demikian, Dishub Kota Tangerang tetap menarik retribusi kepada angkutan umum.
 
"Hal ini tidak sesuai dengan makna retribusi, karena pemerintah daerah tidak memberikan layanan terminal kepada angkutan umum, sehingga pungutan tersebut seharusnya tidak ada," ujar Edi Suhendi, Anggota DPRD Kota Tangerang dari dapil Ciledug.
 
 "Pemerintah kalau mau menarik retribusi, sediakan dulu terminalnya" lanjut Edi yg juga menjadi Sekretaris Gerakan Persaudaraan Pemuda (Gema) Keadilan Kota Tangerang.
 
Sebaiknya, kata Edi, Pemkot Tangerang seusia dengan janjianya agar tetap embangun Terminal Ciledug. Sebab, berdasarkan  pengamatan pun, jumlah angkutan umum dengan tujuan Ciledug sangat banyak trayeknya.
 
“Apabila terminal ada dan dimaksimalkan perannya, maka jumlah retribusi bisa meningkat. Saat ini Dishub berhasil menyetor ke kas daerah dari retribusi terminal Ciledug hanya  Rp75 juta,” ujarnya.
 
Menurutnya, guna kepentingan umum dan mengambalikan sarana umum yang sudah dibangun pemerintah, khususnya soal terminal, sebelum ditarik retribusinya maksimalkan dulu kebaradaan terminal itu.
 
“Kami juga mempertanyakan rencana pembangunan terminal di daerah Puri Beta, saat ini jalan di tempat. Sedangkan terminal yang ada di Lembang terbengkalai begitu saja. Lantas, dari mana daerah akan menghasilan pemasukan yang besar kalau tidak dimaksimalkan potensinya,” terangnya.
 
Kadishub Kota Tangerang Gatot Suprijanto mengakui belum tercapainya target pemasukan dari retribusi terminal. “Selama ini memang untuk Ciledug dan Cibodas kita masih mengambil di jalan lantaran keberadaan terminalnya masih belum pasti. Rencana kami membangun di Puri Beta masih perdebatan. Sedangkan untuk di Lembang juga ada kendala sengketa lahan,” jelasnya. (RAZ)
 
 
 

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill