Connect With Us

Pemkot Tangerang Siapkan 1.262 Sumur Resapan

| Minggu, 27 November 2011 | 17:09

Banjir di Ciledug mulai surut (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Guna mengantisipasi bahaya banjir, Pemkot Tangerang telah membuat 1.262 sumur resapan di 13 kecamatan dan lokasi rawan banjir.
 
"Kami sangat serius menghadapi musim penghujan. Karena itu untuk mencegah banjir, kami sudah membuat 1.262 sumur resapan," ucap Maryoris Namaga, Kabag Humas dan Protokol, Kota Tangerang, hari ini.
 
Menurut Maryoris, dalam mengantisipasi bencana banjir tahun ini, Pemkot Tangerang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 22 miliar, sedangkan 2012 Rp 24 miliar. "Anggaran tersebut kami gunakan untuk proyek pembangunan turab kali serta normalisasi kali di 34 lokasi," ucapnya.
 
Selain itu, kata Maryoris, Pemkot Tangerang telah menyediakan 113 unit pompa air yang tersebar di 40 titik lokasi banjir, dan early warning system (sistem peringatan dini) yang terdapat di delapan titik, yaitu Perumahan Ciledug Indah, Pinang Griya, Total Bangun Persada, Purati, Priuk Damai, Pondok Arum, dan Puri Kartika. "Kepada masyarakat, kami juga menghimbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bahaya banjir," ucap Maryoris.
 
Menurut Maryoris, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan. "Sebelum hujan tiba sebaiknya selokan dibersihkan, sampah yang ada bisa menjadi penyebab banjir," tandasnya.
 
Selain langkah-langkah tersebut, Pemkot Tangerang melalui Dinas Pemadam Kebakaran juga telah melakukan pelatihan penanggulangan bencana yang diikuti seluruh staf kelurahan dan kecamatan se-Kota Tangerang. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan para aparat pemerintahan dalam proses penanggulangan bencana.
 
Menurut Endang Maturidi, Kepala Bidang Penyelamatan Korban Dinas Pemadam Kebakaran, pemkot Tangerang telah menyiapkan 20 unit perahu karet, dan 20 regu tim rescue (penyelamat), yang bersiap-siaga 24 jam.
 
"Meski kemungkinan bahaya banjir terjadi di Kota Tangerang, kami berharap masyarakat tidak terlalu panik. Yang diperlukan adalah kewaspadaan dan membiasakan kebersihan lingkungan guna mencegah bencana banjir," ucap Endang.(DRA)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill